Cara Hewan Menyesuikan Diri dengan Lingkungannya



Allah  menciptakan hewan dengan bentuk sesuai dnegan fungsinya. Dalam jenis burungpun Allah menciptakan berbeda beda bentuk paruh, bulu maupun kaki. Pernahkah kamu bertanya, mengapa elang memiliki paruh yang runcing. mengapa tidak sama denganparuh burung kolibri saja. begitu juga mengapa kaki burung elang bentuknya berkuku tajam berbedda dengan burung merpati. hemm. ya ternyata allah menciptakan berbagai bentuk tubuh hewan sesuai dnegan lingkungannya. paruh burung yang makan daging tentunya berbeda dengan burung yang makan biji-bijian.
Untuk memperoleh makanan sebagia kebutuhan hidupnya hewan memiliki penyesuian terhadap cara memperoleh makan. Sebagai contoh adalah burung elang di atas. Karena burung elang adalah pemekan daging, maka bentuk paruhnya adalah bentuk paruh yang bisa mencabik -cabik mangsanya.
Sebagian hewan juga memiliki ciri khusus dalam melindungi diri dari musuhnya, dan ini merupakan adaptasi terhadap lingkungannya. Contoh, bunglon dapat mengubah warna kulitnya sesuai dengan tempatnya(mimikri) hal ini bertujuan untuk melindungi diri dari musuhnya. begitu juga dengan cicak, yang memutuskan ekornya apabila ada musuhnya.
selain hewan, tumbuhan juga menyesuaikan diri dengan lingkungannya, tumbuhan yang hidup di air akan berbeda dengan tumbbuhan yang hidup di darat.tumbuhan yang hidup di derah gurun akan berbeda dengan tumbuhan di daerah pengunungan.
Baha besar Allah dengan segala ciptaanya. Dengan adanya penyesuaian terhadap lingkungannya maka makhluk hidup akan senantiasa berkembang, tidak punah.

0 Response to "Cara Hewan Menyesuikan Diri dengan Lingkungannya"

Post a Comment