Cara Kerja Alat Pernafasan Manusia

     Bernafas merupakan saalah satu proses kehidupan yang dilakukan oleh setiap makhluk hidup. Apabila makhluk hidup tidak bernafas, maka akan terhenti proses kehidupannya atau mati. Brnafas atau respirasi adalah proses pengambilan oksigen ( O2 ) yang terdapat diudara bebas, lalu dialirkan kedalam tubuh melalui alat pernafasan dan mengeluarkan karbon dioksida (CO2) beserta uap air (H2 O)
Oksigen merupakan zat yang sangat berguna bagi setiapa mkhluk hidup,karena berfngsi untuk melakukan proses pembakaran zat-zat makanan. Proses pembakaran ini akan menghasilkan energi yang berguna bagi makhluk hidup untuk melakukan proses kehidupannya.
Alat pernafasan makhluk hidup sangat ditentukan oleh anggota tubuh bagian dalam makhluk hidup tersebut. Misalnya alat pernafasaan ikan akan berbeda dengan alat pernafasan pada  ikan. Ikan bernafas menggunakan paru-paru sedangkan manusiabernafas mengunakan paru-paru.
Alat pernafasan manusia terdiri dari hidung, tekak, tenggorokan dan paru-paru. Pernafasan yang paling baik adalah melalui hidung. Hidung mempunyai dua lubang yang dibaatasi oleh sekat rongga hidung. Di  dalam rongga hidung, terdapat bulu hidung dan selaput lendir.  Di dalam rongga hidung inilah udara yang masuk yang tentunya belum tentu bersih akan disaring. kotoran yang terhisap oleh hidung selanjutnya akan menempel pada lendir yang melapisi rongga hidung. lendir yang mengandung kotoran akan dikeluarkan lewat lubang hidung atau ditelan lewat tenggorokan. Udara di dalam ronnga hidung mengalami penyusuaian suhu dan kelembaban. Alat pernafasan selanjutnya adalah tekak atau faring  dan pangkal tenggorok atau laring. Laring  di lapisi  selaput tipis yang di sebut membran mukosa dan klep. Selaput tipis ini berfungsi sebagai pita suara. Sedangkan klep berfungsi unutk membuka dan menutup salurran pernafasan. Selain itu pangkal tenggorokan mempunyai tulang rawan yang membentuk jakun. Jakun pada pria dewasa akan tampak lebih besar dengan jakun perempuan.
Batang tenggorokan atau trakea terdiri dari susunan tulang-tulang rawan yang berbentuk cincin, sehingga membentuk  saluran terbuka seperti pipa. Fungsinya untuk lewat udara pernafasan. Batang tenggorokan bercabang dua.Percabangan ini di sebut bronkia ( satu cabng tenggorokan di sebut bronkus). Maasing -masing bronkus berhubungan dengan paru-paru. di dalam paru-paru bronkus bercabang-cabang lagi yang disebut bronkiolus. Ujung dari bronkiolus berakhir dielembung udara di dalam paru-paru yangdisebut alveolus.
Paru-paru terdapatdi rongga dada. Paru-paru manusia teerdiri atas dua bagian, yaitu paru-paru kiri dan paru-paru kanan. Di dalam paru-paru terdapat gelembung-gelembung udara yang disebut alveolus. pada alveolus terjadi pertukaran karbon dioksida dengan oksigen.
Bagaimana kita bernafa? Ada dua cara melakukan pernafasan yaitu pernafaan perut dengan pernafaan dada. Pernafasan dada adalah pernafasan dengan cara mengembangkan dada. Ketika otot dada dikembangkan, rongga dada turut mengembang. begitu juga paru-paru ikut mengembang. Akibat paru-paaru mengembangdan menjadi besa, maka tkanan udaraa ddi paru-paru enjadi kecil. dari pada tekanan udara bagian luar. Dengan demikian udara masuk ke dalam paru-paru. Pernafasan ini disebut dengan pernafasan dada.
Pernafasan perut yaitu bernafas dengan cara mengembangkan rongga perut akibatnya sekat yang membatai rongga dada dengan rongga perut tertarik ke bawah sehingga rongga dada dan paru-paru turut mengembang. Akibat paru-paru mengembang , volumenya bertambah besar dan tekanan udara berkurang. Sehingga udara luar masuk melalui hidung dan tenggorokan ke dalam paru-paru.

0 Response to "Cara Kerja Alat Pernafasan Manusia "

Post a Comment