Berbagi Koneksi Internet dari Laptop dengan Wi-Fi Tethering


Pada dasarnya PC maupun Laptop yang berbasis Windows 7 maupun windows 8 telah memiliki kemampuana berbagi koneksi dengan perangkat lain, misal ponsel maupun PC/laptop lainnya dengan jalur Wi-Fi  yaitu fitur Aad-hoc. Namun fitur ini tidak dapat dibaca atau dikoneksikan ke ponsel dengan mudah. Karena koneksi IBBs dari Ad-hoc PC/Laptop itu sendiri tidak dapat dibaca oleh ponsel, maupun perangkat lainnya. Berbagi koneksi lewat jalur Wi-Fi dapat kita lakukan tanpa harus binggung dengan permasalahan di atas. Saat ini ada aplikasi khusus yang harus diinstal ke PC/Laptop, inti ceritanya aplikasi ini berfungsi menggantikan Fitur Ad-hoc tadi. Aplikasi ini bernama Connectify. Dengan aplikasi ini , Kita bisaberbagi koneksi internet PC/Laptop yang diambil dari modem, kartu seluler atau bahkan jaringan Wi-Fii lain yang terkoneksi ke perangkat lainnya, seperti  ponsel maupun tablet. Aplikasi Connectify sendiri di tawarkan dengan dua versi yaitu gratisan( Connectify Hotspot Lite) dan berbayar ( Connectify Hotspot Pro). Jelas kedua versi tersebut berbeda, untuk yang Connectify Hotspot Lite tentunya dibatasi misalkan kemampuan drag & drop file sharing antar perangkat yang terkoneksi. Apabila anda berniat mencobanya ( karena mencoaba tentunya versi yang gratisan dong..) dapat ikuti langkah-langkah dibawah ini.
1.       Download Connetify Hotspot Lite dari http://www. Connectify.me/download-hotspot/, lalu install ke PC atau Laptop anda.
2.       Setelah penginstalan selesai sebaiknya PC/Laptop di- restart supaya aplikasi tersebut terinstall sempurna.
3.       Jalankan aplikasi Connectify Hotspot Lite tersebut.
4.       Kemudian di tab “Setting” anda dapat mengisi ‘ hotspot name’ yang nantinya menjadi tanda oleh ponsel.
5.       Untuk menjaga koneksi agar tidak bocor, atau di gunakan oleh banyak orang tanpa sepengetahuan kita, dan tentunya hal ini akan menyedot bandwidth data anda, gunakanlah  ‘password’ yang bisa diisikan pada kolom yang ada.
6.       Di bagian ‘ advanced stting’ anda dapat memilih berbagai opsi tambahan demi kelancaran koneksi.
7.       Setelah semua pengaturan selesai dilakukan, anda tinggal mengklik  “ Start Hotspot” untuk membagi koneksi internet dari PC/Laptop ke perangkat lain.
8.       Di perangkat lain, misal ponsel , tentunya yang memiliki koneksi Wi-fi tinggal masuk ke menu ‘setting’>Wi-Fi , pilijh nama koneksi Hotspot Pc/Laptop yang telah disharing tersebut.
Bila selesai,  saatnya anda rame-rame ber internet ria bersama teman-teman anda. Selamat Mencoba.   
sumber: tabloid pulsa.edisi khusus januari 2013

5 Responses to "Berbagi Koneksi Internet dari Laptop dengan Wi-Fi Tethering"