Jenis Perangkat Lunak Beserta Fungsinya

Jenis Perangkat Lunak Beserta Fungsinya
Perangkat Lunak (Software) Komputer
Perangkat lunak (sowfware) adalah program komputer yang berfungsi sebagai sarana interaksi antara pengguna dengan perangkat keras atau sebagai penerjemah perintah-perintah yang dijalankan pengguna komputer untuk diteruskan atau diproses oleh perangkat keras. Di lihat dari fungsinya, perangkat lunak komputer di bagimenjadi beberapa bagian

1.    Sistem Operasi
Sistem Operasi adlah perangkat lunaksistem yang bertugas untuk melakukan kontrol dan manajemen perangkat keras serta operasi-operasi dasar sistem, termasuk menjalankan software aplikasi seperti program-program pengolah kata dan browser web. Sistem Operasi merupakan sisitem operasi pada lappisan pertamayan di tempatkan pada memori komputer pada saat komputer dinyalakan. Sedangkan sofware lainnya dijalankan setelah sistem  Operasi berjalan.
Sampai saat ini kita mengenal bermacam-macam sistem operasi, diantaranya:
a.       Microsoft Windows, sistem operasi windows diproduksi oleh perusahan Microsoft Corp. Sisitem operasi ini dalam perkembangannya terdiri dari beberapa versi, misal: Windows Desktop Environment (versi 1.x sampai versi 3.x), Windows 9x (windows 95,98, dan Windows ME), dan Windows NT ( Windows NT 3.x, Windows NT 4.0, Windows 2000, Windows XP, Windows server 2003, Windows Vista, Windows 7 (seven) dan akan riliss Windows Orient
b.      Unix, sistem operasi ini menggunkan antar muka sisitem  operasi POSIX,
c.       Mac OS adalah sisitem operasi untuk komputer keluaran Apple yang disebut juga Mac atau Macintos
2.       Perangkat lunak Aplikasi
Perangkat lunak apalikasi  adalah software yang dirancang kusus untuk kebutuhan kebutuhan tertentu. Perangkat lunak terus mengalami perkembangan. Dalam beberapa  komputer beberapa program apliaksi di gabung menjadi satu paket yang disebut  suite aplikasi, contoh Microst Office dan Open-Office. Org. Yang berfungsi pengolah kata, lembar kerja dan beberapa aplikasi lainnya. Jenis –jenis perangkat lunak aplikasi
a.       Jenis Word processing –untuk menciptakan dokumen membuat surat , misal Word dan Abiword
b.      Spreadsheet – pengolah data dalam dalam bentuk kumpulan sel, yang memungkinkan perhitungan secaara dinamis. Contoh Microsoft Exsel dan Start Office.
c.       Desktop Publisisng – menangani pembuatan surat kabar, buku dan iklan. Contoh CorelDraw.
d.      Presentasi grafis –untuk membuat bahan-bahan presentasi dalam bentuk transparan atau membuat diktat dan sekaligus dapat sebagai alat untuk presentasi, misal PowerPoint, Start Office, dan Impress.
e.      Komunikasi –untuk melakukankomunikasi antar pemakai secara ekonomis, mengirim dan menerima surat elektronik, contoh Microsoft Outlook dan Opera.
f.        Personal informastion manager- pengolah informasi yang berhubungan dengan jadwal, tugas dan rekanan atau klien ddan keungan.
g.       Manajemen data – untuk mencatat, memanipulasi dan mengambil data atau informasi.
3.       Bahasa Pemrograman
Perangkat lunak bahsa pemrograman adalah program splikasi yang berfungsi untuk membuat suatu aplikasi dengan menggunakanbahasa- bahsa dengan aturan tertentu. Bahasa yang dibuat akan diterjemahkan ke dalam bahsa mesin supaya dapat dimengerti oleh komputeer. Bahasa komputer dapat dibedakan menjadi tiga
a.       Bahasa tingkat  rendah
Bahsa tingkat rendah termasuk ke dalam bahasa mesin karenas ifat dan bahasa mesin  lebih beriorentasi pada mesin. Bahasa ini hanya dapat dipahami  oleh mesin itu sendiri. Bahsa ini berupa kode-kode yang terdiri dari sekumpulan angka yang aada di dalam komputer yang biasany diwakili oleh angka 1 dan 0. Misalnya Assembly language, Machine language ddan RPG( Report Program Generator)
b.      Bahasa tingkat tinggi
Bahasa tingkat tinggi adalah bahasa yang ditunjukan untuk pengguna yang awam. Misal : BASIC, COBOL, PASCAL, FOLTRAN.
c.       Bahasa generasi keempat
Bahsa pemrograman 4 GL (fourth generation language) merupakan bahasa yang beriorentasi pada objek yang disebut  dengan Objek Oriented Programming (OOP). Msal: Visual Basic, Delphi, dan Visual C++
4.       Program bantu (utility)
5.       Program bantu yaitu perngkat lunak yangg ditujukan untuk melengkapi kinerja  sisitem operasi dan menigkatkan kinerja komputer.  Salah satu contoh adalah program antivirus, disk defragmenter (program untuk merapikan file-file yang tersebar di harddisk/mempartisi harddisk)

Demikian artikel mengenai jenis perangkat lunak beserta fungsinya. Semoga artikel tentang jenis perangkat lunak beserta fungsinya dapat menambah wawasan bagi kita. 

6 Responses to "Jenis Perangkat Lunak Beserta Fungsinya"