Karbohidarat



Karbohidrat adalah senyawa majemuk yang mengandung unsur C, H, dan O. Karbohidrat mempunyai fungsi sebagai penghasil kalori, bahan pembentuk protein dan lemak, sertta menjaga keseimbangan asam dan basa. Karbohidrat dapat dibagi menjadi dua golongan yaitu, golongan gula sederhana, dan golongan gula majemuk. Gula sederhana dapat di bangun menjadi gula majemuk. Yang termasuk gula sederhana adalah monosa atau monosakarida, misalnya glukosa, fruktosa, dan galaktosa. Gula majemuk yang biasa dijumpai adalah biosa atau disakarida, misalnya sukrosa (molekul glukosa dan satu molekul fruktosa) dan laktosa( satu molekul glukosa dan satu molekul galaktosa) Poliosa atau polisakarida memeiliki molekul yang lebih komplek lagi, misalnya tepung (amilum), glikogen, dan selulosa. Baik monosa maupun diosa dapat larut di dalam air, sedangkan poliosa akan larut sebagia koloid sehingga tidak dapat melewati dinding semipermeabel.
            Karbohidarat dan juga lemak adalah sumbr enrgi tubuh kita. banyaknya karbohidrat yang dibutuhkan  tubuh tergantung pada zat lemak yang ada. Penggunaan energi  sehari-hari untuk keperluan metabolisme rutin kurang lebih 1.500 kalori untuk orang seberat 50 kg. Umumnya kalori sebesar itu dapat dipenuhi dengan :
55 gram protein                         = 55 x 4,1 kalori = 225,5 kalori
50 gram lemak                           = 50 x 9,3 kalori = 465  kalori
200 gram karbohidrat                 = 200 x 4,1 kalori=820 kalori
                                                                                    jumlah              = 1.500,5 kalori.
Bila orang tersebutmasih teru bekerja, ia memerlukan tambahan energi sampai 500 kalori sehingga seorang pekerja ringan sehari-hari memerlukan 2000 kalori untuk setiap 50 kg berat badan. Seseorang yang masih dalam pertumbuhan atau pekerja berat, dapat mememrlukan enrgi sam,pai 6000 kalori untuk berat badan 70 kg.
            Karbohidarat dapat disimpan  di dalam tubuh sebagai glikogen. Jumlah glikogen yang disimpan di dalam tubuh tidak banyak, kurang lebih 370g ddidalam otot, 108 g di hari, dan 17 g turut dalam peredaran darah sebagai glukosa.
Karbohidarat hanya berasal dari bahan nabati, misalnya beras, jagung, gandum, gula, kentang, ubi-ubian, dan buah-buahan. Lebih dapat mengumpulkan gula dari bunga-bungaan dan membuatnya menjadi madu.  

0 Response to "Karbohidarat"

Post a Comment