Khasiat Daun Leng-Lengan

Kasiat Daun Leng-Lengan
Daun leng-lenglengan merupakan tanaman perdu liar, Tanaman ini berkhasiat sebagai obat. Tanaman leng-lengan mempunyai nama latin leucas lavandulifolia, Daun leng-lengan ada yang menyebutnya daun setan. Perdu liar ini biasanya tumbuh di tepi jurang atau di pematang sawah, di tempat - tempat kering yang tingginya di bawah 1.500 m dari permukaan air laut. Perdu dengan ketinggian 40-80cm ini mempunyai bentuk daun runcing pada ujung maupun pangkalnya dan tepinya bergigi. Daunnya yang tunggal itu kedudukannya saling berhadapan satu sama lainnya. pada ketiak daun ini akan muncul bunga majemuk yang berwarna putih  dan berbentuk lidah kecil-kecil. Bunganya bergerombol dalam karangan-karangan bunga semu yanng padat. Apabila telah masak, bunganya akan berwarna hitam dan berbentk segitiga serta termasuk buah batu. Dengan bijinya ini perbanyakan tanaman bisa dilakukan.

Hasil penelitian menunjukan bahwa zat-zat yang terkandung dalam tanaman leng-lengan ini antara lain : alkaloid, sterol, triterpen, flavoid, tanin dan polifenol serta minyak astiri. Ternyata tanaman ini dimanfaatkan sebagai sedatif (penenang) dan stimulan (perangsang)
Karena itu penggunananya antara lain unutk mengatasi asthenia (lemah kehabisan tenaga), stiup dan ketegangan urat saraf.

Resep penggunaannya sebagai berikut:
demam athenia : 20 gram daun leng-lengan ditumbuk halus diberi 300cc air masak hangat lalu di peras. resep ini unutk sekali minum, sehari dua kali minum.
Stiup: 50 gram daun leng-lengan direbus dengan air sebanyak 7 liter. air rebusan ini dipergunakan unutk memandiakan ank yang terkena stuip lalu pada ubun-ubun kepala dikoompres dengan daun inggu dan cuka jawa.
memenangkan urat saraf: segenggam daun leng-lengan direbus dengan segelas air sampai mendidih sebentar. Untuk diminum dua kali, pagi dan sore.
Demikian khasiat daun leng-lengan

0 Response to "Khasiat Daun Leng-Lengan"

Post a Comment