Khasiat Teh Tempuyung

Tempuyung merupakan tanaman sejenis herba, yang sudah lama dikenal sebagai penyembuh penyakit ginjal. Kini, telah banyak dimanfaatkan dalam bentuk minuman celup atau sebagai teh celup tempuyung.
Biasanya tempuyung  ditemukan dipinggir-pinggir sungai atau sela-sela batu kebun., atau pada tembok-tembik rumah.Bagi  orang yang berum tahu khasiatnya tentu beranggapan tanaman ini hanya semacam semak belukar yang mengotori pemandangan.
Bentuk tanaman tempuyung nyaris mirip  dengan tanaman liar lainnya, yang sama berkhasiatnya  sebagai obat. Tapak liman atau daun sembeng, misalnya. Sepintas bentuk dedaunan ketiganya mirip benar. Bisa dipastikan yang belum mengenal tempuyung dengan jelas akan sulit membedakan mana tempuyung atau bukan. Secara umum tempuyung atau Sonchus arvensis dalam bahsa laitinya mermpunyai ciri sebagai berikut :
bentuknya berupa herba tegak
batang bulat
mengeluarkan getah klalu di potong.
daunnya hijau, tetapi dari beberapa jenis tampakkeunguan.
tinggi batangnya mencapai 2 meter.
panjang daunnya sekitar 15-50 cm selebar 3-12 cm
Yang menarik dari tempuyung adalah kandungan kimianya yakni klalium dan mannite, yang berkhasiat diuretik (meluruhkan air seni) dan  litotriptik (menghancurkan batu dalam kandung kemih). Karena ini pula maka tempuyung sering dipakai sebagai obat sakit yang berkaitan dengan air seni atau batu ginjal. penyakitbat ginjal  biasanya diawali dengan ganggaun opada saluran air seni, yang lantas berlanjut dengann munculnya batu karang yang merupakan penumpukan zat buang.
Barangkali tak perlu diragukan lagi keguanan tempuyung untuk tanan obat sakit ginjal. Hanya sayang tanamn ini terkadang tak mudah diperoleh, karena selain tumbuhnya liar  juga masih jarang orang menanamnya dalam jumlah yangcukup.
Demikian potingan tentang Khasialt Teh Tempuyung semoga bermanfaat. 

1 Response to "Khasiat Teh Tempuyung"

  1. JUal Daun tempuyung. Informasi lebih lanjut tentang daun tempuyung, silahkan klik DaunTempuyung.Com

    ReplyDelete