Lemak


Lemak
Zat lemak  adalah  senyawa majemuk, terdiri atas unsur-unsur C, H, dan O. Lemak mempunyai fungsi sebagi penghasil kalor yang besar, pembangun bagian sel-sel tertentu, pelarut beberapa vitamin ataupun zat-zat lain, pelindung alat-alat tubuh sebgai "bantalan lemak", dan pelindung tubuh dari suhu rendah.
           
Lemak terdiri atas asam lemak dan gliserin, senyawa lemak dengan zat lain adalah lipoid, misalnya fostafid dan sterol. Butir-butir lemak yang larut dalam ari diubah oleh empedu menjadi emulsi. Di dalam tubuh, lemak dapat mengalami oksidasi seempurna.  Asam lemak di bagi menjadi dua golongan, yaitu asam lemak tidak  jenuh, yang didatangkan dari  luar tubuh, dan asam lemak  jenuh serta gliserrin  yang dapat disenyawakan seendiri dalam tubuh.
            Senyawa-senyawa lipoid dapat dibuat sendiri dalamtubuh.  Fosfatid disenyawakan dari asam lemak, gliserrin, kolin,dan asamfosfat. Fostatid bertugas mengatur timbunan lemak dalam tubuh, yang terdapat di dalam zat aktivator,  seperti vitamin dan hormon, yaitu senyawa yang hanya sedikit diperlukan, teatapi sangat penting.
zat  lemak yang diperlukan tubuh berbeda-beda, tetapi umumnya sejumlah 0,5 -1 g lemak unutk tiap kilogram berat badan. Aakan tetapi, orang yang berada di daerha dingin atua pekerja yang menuntut pemikiran lebih banyak memerlukan lemak.
            Bahan makanan yang banyak mengandung lemak hewan adalah keju, lemak daging, mentega, susu,ikan basah, minyak ikan,dan telur. Lemak tumbhan dapat diperoleh dari kelapa, kemiri, macam-macam kacang-kacangan, dan buah advokat.

0 Response to "Lemak"

Post a Comment