7 Saran Untuk Keharmonisan Suami Istri

Perkawinan merupakan ikatan suci,yang mau tidak mau harus dijaga. perkawinan yang merupakan pengikat dua manusia yang berbeda latar belakang, dan tentunya berbeda jenis kelamin pasti didalamnya terdapat bumbu-bumbu yang tak sedap. namun percayalah pasangan suami istri dimanapun, kapan pun pasti mengalami hal tersebut. anda tak perlu  cemas, apalagi berfikir menceraikan pasangan. Itu putus asa namanya. Namun perkawinan juga dapat menjadikan pasangan suami istri lebih bahagia dalam menjalankan hidup ini. Tidak ada obat yang bisa mengobati galaunya suatu rumah tangga, kecuali pasangan itu sendiri. Di bawah ini ada sepuluh cara untuk membuat rumah tangga kita tidak menjadi sarang neraka.
1. Jangan sering mengkritik pasangan.
    Ingat bahwa setiap manusia berbeda sifat. Tentu sifat laki-laki akan berbeda dengan sifat perempuan. Maka sebaiknya pahamilah psikologi pasangan Anda. Sang Istri harus menyadari bahwa suaminya betapapun jelek rupanya dialah pemimpin rumah tangga. Begitu juga dengan sang suami. Apakah mengkritik itu haram dalam rumah tangga? emm, tidak! Namun jangan sering mengkritik apalagi hal-hal kecil. Apabila terpaksa inggin mengkritik cari cara yang tepat, dari segi bahasa, waktu maupun suasana.
2. Kalau bertengkar lebih baik menggunakan gaya berdiskusi.
   Artinya waktu yang tepat untuk membicarakan suatu persoalan rumah tangga. Karena gaya diskusi akan terwujud apabila kedua belah pihak berkepala dingin. 
3. Jangan terlalu mengekang kebebasan pasangan
mungkin saking cantiknya si istri, suami melarang istri bergaul dengan teman-temannya, si suami was-was kalu ada yang mencuri hati istrinya. Tentu istri-istri zaman sekarang akan membrontak,mungkin ini berkaitan dengan si namanya emansipasi gitu. begitu pula dengan si istri yang melarang suami bergadang di rumah temannya. Ok, bahwa perkawinan mungkin dapat menjadi hambatan kebebasan, tentu kalau ukurannya sebelum menikah. Bebas bergi kemana-mana. Namun kebebasan itu tak selamanya baik. Itulah fungsi perkawinan.
4. Jangan berfikir negatif terhadap pasangan
kata para psikolog berfikir merupakan setengah dari kenyataan. Maka buang-buang jauh pikiran .
negatif terhadap pasangan Anda.
5. Jangan percaya omongan orang, sebelum Anda melihat dan merasakan sendiri.
maksudnya buktikan dulu bahwa pasangan anda berbuat yang orang lain tuduhkan, jangan langsung menyalahkan
6. Terimalah pasangan Anda apa adanya.
   Menerima artinya mensyukuri. Jelas suami anda bukanlah David Becham karena anda juga bukan Victoria. Jelas istri anda bukanlah Mundzalifah karena anda bukanlah Nazar. Artinya terimalah suami atau istri anda apa yang ada padanya.
7. Jangan membanding-bandingkan
  maksudnya bila ada sesuatu hal, jangan lah menjadikan pembanding terhadap kelakuan pasangan anda pada orang lain. Bila anda memabandingkan terhadap orang lain itu berarti anda tidak menerima pasangan anda seutuhnya, seperti no 5 diatas.

menurut saya mungkin 7 saran buat mengharmoniskan hubungan suami istri sudah cukup, atau mungkin anda dapat menambahkan yang lainnya. Kami tunggu sumbang saran anda lewat komentar yang kami sediakan.

2 Responses to "7 Saran Untuk Keharmonisan Suami Istri"