Cara Mencari Informasi dengan Mesin Pencaari Google


Saat kita mencari informasi di Internet dan belum mengetahui alamat websaite, maka kita memerlukan mesin pencari (search engine ). Yang kita butuhkan hanyalah kata kunci. Ada beberapa alat pencari di internet, namun yang banyak digunakan adalah www.google.com atau www.google.co.id bagi kita yang membutuhkan informasi dari dalam negeri berbahasa Indonesia. Bagaimana kita mencari informasi yang kita butuhkan dengan menggunakan google si mesin pencari tersebut? Berikut langkah langkahnya:
1.       Pada saat kita membuka halaman browser misal dengan google crome, atau mozila firefox kita akan mendapati tampilan seperti diatas, setelah kita mengetik alamat www.google.com. Pada bagian tersebut terdapat Web, Gambar, Berita, Buku, Terjemahan, Blog, Gmail, dan lan sebagainya.
2.       Tulis kata kunci  dari informasi yang akan kita cari pada kotak penelusuran Google. Kemudian tekan enter atau klik pada penelusuran google.
3.       Maka google akan menampilkan semua hasil pencarian.
4.       Untuk masuk/melihat informasi lebih detail dari alamat web yang akan kita kunjungi, klik pada judul dari wesite tersebut. Tandanya mouse berubah menjadi gambar tangan menunjuk.
5.       Maka google akan terhubung dengan link yang kita klik tadi.
Pada saat kita memasukan kata kunci pada google, google akan menafsirkan kata kunci tersebut dengan cara:
1.       Secara implisit, google akan menyertakan operator AND disetiap spasi di antara kata kunci. Contohnya ketika kita menginputkan Kumpulan Artikel Pendidikan, maka google mengaartikan KumpulanAND ArtikelAND Pendidikan. Hal tersebut berarti google akan menampilkan hasil pencarian yang ada kaitannya dengan Kumpulan artikel atau Kumpulan Pendidikan, atau Artikel Pendidikan.
2.       Google akan mencari halaman-halaman tepat berdasarkan kata kunci yang kita inputkan tanpa terkecuali, misalnya Google tidak akan mencari kata terbang jika kita memasukan kata melayang. Akan tetapi, ada beberapa pengecualian pada singkatan yang sudah umum dan mendunia. Misalkan, kata kunci USA akan diartikan sama dengan United Stated of America.
3.       Google akan mencari variasi-variasi dari kata yang diinputkan secara otomatis. Sehingga apabila kita menginputkan kata kunci, maka google akan menampilkan begitu banyak variasi. Agar kita tepat mendapati informasi yang kita butuhkan maka kita harus memberi tanda petik dua pada kata kunci  yang kita maksudkan, misal “ Kurikulum 2013”, maka hasil yang diberikan  tepat seperti kata kunci tanpa menghilangkan satu kata pun. Dan hasilnya akan berbeda jika kita menginputka kata Kurikulum 2013.
4.       Google tidak akan menerjemahkan kata-kata umum meskipun dimasukan, misalnya the, on, where, how, de, la, dan kata-kata tunggal lainnya.
5.       Maksimal kata yang dapat diproses oleh google sejumlah tiga puluh dua kata. Semakin banyak kata yang kita inputkan maka hasil pencarian akan lebih spesifik.
6.       Google akan mencari kata yang diinputkan sesuai dengan urutannya
7.       Google tidak sensitif terhadapa huruf kapital, akan tetapi ada pengecualian kusus untuk operator AND dan OR dalam penggunaanya.
8.       Google akan memperhitungkan tanda apostrop (‘). Misal kata we’re tidak akan disamakan oleh google dengan kata were. Begitu juga sebaliknya.
Itulah beberapa hal yang berkaitan dengan google apabila kita hendak mencari informasi dengan bantuannya. 

0 Response to "Cara Mencari Informasi dengan Mesin Pencaari Google"

Post a Comment