Khasiat Tanaman Meniran

Tanaman ini tumbuh liar seperti rumput berserakan. Namun ternyata daunnya punya khasiat untuk peluruh air seni. Disebut tanaman meniran, karena bentuk buahnya seperti menir atau lemukut. Ada juga yang menyebutnya daun gendong anak, atau daun dukung-dukung anak, karena letak daunnya yang berada di ketiak daun.
Meiran tumbuh tegak tak lebih dari lima puluh sentimeter. Daunnya bulat telur dan ada juga yang bulat memanjang sepanjang sekitar satu meter. Di permukaan daun bagian bawah ada sejumlah bintik kelenjaar. Dalam satu tanaman ada bunga jantan dan bungabetina yang letaknya di ketiak daun. Warna bunga jantan merah pucat, sedangkan bunga betina hijau muda. Bunga bunga tersebut menghadap kebawah sehingga tertutup oleh daun.
Ada dua jenis tanaman meniran yang mempunyai perbedaan pada batangnya. Yang berbatang hijau disebut Phyllanthus niruri. Sednagkan yang batangnya bersemburat merah adalah phyllanthus urinaria. Perbedaan lain terdapat pada kotak buahnya.
Kandungan kimia yang ada pada akar, batang, dan daun adalah filantin, hipofilantin, dan kalium. Khasiatnya antara lain, sebagai peluruh air seni, atau diuretik.
Walau dapat mgobati penyakit ginjal, apabila dimakan secara berlebihan akan mengakibatkan lemah sahwat.
Resep penggunaan
15 sampai 30 gram seluruh tubuh tanaman direbus dengan 250 air sampai mendidih. Dapat juga ditambah tumbukan daun kumis kucing. Diminum dalam keadaan segar. Hentikan apabila rasa nyeri saat buang air seni menghilang

0 Response to "Khasiat Tanaman Meniran"

Post a Comment