Mengenal Lebih Dekat dengan Hepatitis

Hepatitis adalah infeksi virus di jaringan hati. Sekurang-kurangnya ada dua jenis hepatitis yang dapat menjangkiti manusia, yakn hepatitis A dan hepatitis B. Masing- masing disebabkan oleh virus hepatitis  A dan virus hepatitis B.
Hepatitis A dapat ditularkan lewat air atau makanan yang tercemar dalam tinja penderita. Dengan satu atau lain cara, tinja ini sampai pada air yang kita minum atau makanan yang kita makan. Tanda dan gejala penyakit hepatitis timbul 14 sa,api  45 hari setelah virus masuk ke dalam tubuh.
Hepatitis B dapat ditularkan lewat beerbagai jala,antara lain lewat air liur, transfusi darah, dan suntikan dengan jarum suntik yang terkena atau terkontaminasi virus. Seorang ibu yang membawa virus hepatitis B dapat menularkan kepada bayi yang dikandungnya.
Penderita hepatitis B dapat menulari orang sehat selama masa tunasnya dan selama beberapa tahun kemudian. Tanda dan gejalanya hampir sama dengan hepatitis A, tetapi biasanya lebih parah.
Tanda dan gejala hepatitis awal adalah rasa tidak enak di badan, rasa lelah, dan nyeri di kepala. Gejala utama  adalah hilangnya nafsu makan, rasa mual, muntah-muntah, dan rasa nyeri di perut bagian atas. Warna kuning di kulit dan mata kemudian akan timbul. Warna air seni akan berubah menjadi kuning tua atau merah kehitam-hitaman, sedangkan warna tinja akan berubah lebih cerah.
Warna kuning di kulit dan mata berlangsung selama sampai empat minggu, diikuti oleh rasa lemah di seluruh badan. Seringkali terdapat pembesaran dan pelunakan hati. Diagnosis khusus (hepatitis A dan Hepatitis B ) ditentukan atas dassar pemeriksaan laboratorium.
Tindakan yang pertama-tama harus dilakukan padda penderita hepatitis adalh pemberian istirahat di atas tempat tidur, diet bebas lemak, dan makan dan makanan yang mudah cerna. Kebersihan harus ditingkatkan. Orang yang ada di sekitarnya sebaiknya disuntik dengan bibit penyakit yang sudah dilemahkan untuk kekebalan atau divaksinasi. 

0 Response to "Mengenal Lebih Dekat dengan Hepatitis"

Post a Comment