Serangga Binatang Ajaib


Di antara antropoda, serangga merupakan klas tersendiri, yaitu insecta. Ciri khasnya ialah tubuhnya terdiri dari tiga bagian; kepala, bagian tengah(torak) dan bagian belakang (abdomen). Pada kepala terdapat bagian –bagian mulut dan sepasang antena. Pada torak terdapat tiga pasang tungkai ddan bisanya juga sayap. Karena adanya tiga pasang tungkai tadi klasnya juga disebut hexapoda (bertungkai enam). Hanya seranggalah yang memiliki kesamaan kombinasi tiga paasang tungaki, tiga bagian badan, sepasang antena, dan biasanya sayap.
Serangga siapa yang tidak tahu. Disekitar kita, rumah, tempat kerja, sawah, ladang, dimanapun tepat, serangga pasti ada. Sampai di benua Antartika benua ‘gelap” pun ditemukan 40 jenis serangga. Nyamuk dan serangga penggigit  dapat masuk kawasan kutub sejauh masih ada binatang berdarah panas yang menjadi sumber makanannya. Di gurun kering dan tandus juga ditemukan serangga. Pegunungan Himalaya yang merupakan pengunungan tertinggi di dunia pun tak luput ditempati serangga. Secara  singkat kita dapat mengatakan bahwa serangga dimanapun tempatnya dapat beradaptasi.
Dimanapun tempat hidupnya, serangga agaknya mampu melestarikan diri secara unik dengan membuat dirinya tak terbinasakan. Ada beberapa yang menjadi beku dan mengeras pada suhu -34.4 derajat celsius, tetapi masih tetap hidup. Ada yang tinggalnya di mata air panas dengan suhu 48.9 derajat celsius. Ada pula yang hidup diruangan yang sevakum-vakumnya di buat oleh manusia.
Ukuran serangga banyak ragamnya, dari yang terkecil lebih kecil daripada hewan bersel satu misal, protozoa.  Yang terbesar juga dapat melebihi mamalia, misanya tikus. Di Amerika Utara serangga terkecil ialah kumbang yang panjangnya 0,25 milimeter. Hemm sungguh kecil untuk ukuran kumbang. Tentu ia akan mudah melewati lubang jarum. Untuk serangga terbesar  salah satunya adalah serangga ngengat Atlas India. Bentang sayapnya dari ujung kanan sampai kiri dapat mencapai 30 cm. Itu berarti hampir sama dengan bentang sayap burung kepodang. Serangga zaman lampau bahkan lebih besar lagi. Dari hasil temuan fosil-fosil menunjukan bentang sayapnya sampai 76 cm.
Oleh sang Pencipta rupanya serangga di anugerahi kekuatan tubuh yang jauh melebihi besar badannya. Semut dapat mengangkut batu yang beratnya sekitar 50 kali berat badannya sendiri.  Para peneliti juga menginformasikan bahwa lebah dapat menarik beban yang bobotnya 300 kali dari berat tubuhnya. Secara kasar kekuatan belalang dapat disamakan dengan kekuatan seseorang yang dapat menarik tiga truk gandengan dengan bobot masing-masing 10 ton sekaligus. Dan seandainya manusia sama lompatannya dengan belalang, maka lompatannya akan sejauh sepertiga panajang lapangan bola.
Keberhasilan serangga sebagai kelompok adalah berkat adanya modal utama untuk menghadapi perjuangan tanpa henti demi kelestarian hidup.  Modal utama yang paling sedikit ada enam yaitu kemampuan terbang, daya penyesuaian, kerangka luar, kecilnya tubuh, metamorfosis, dan sistem reproduksi yang khusus. Dengan sayap serangga dapat mengarungi penjuru dunia. Tidak ada makhluk lain yang yang dapat menyusuikan diri dengan kondisi serangga yang kelewat batas. Serangga memakan apa saja, dari tumbuhan tingkat tinggi, sampai melalap kuas , sumbat botol anggur, tembakau, mrica, ganja, dan lainnya yang kelihatannya tidak enak dan lezat juga tidak lazim. Dilihat dari penutup tubuhnya serangga ditutupi oleh kerangka yang terbentuk dari pengerasan sekresi kulit luar. Sejati binatang itu, merupakan batu zirah hebat pelindung tubuh dan berbentuk silinder. Kontruksi itu adlah yang terkuat untuk bahan yang ada. Unsur dasarnya adalah kitin yang lentur kuat dan tahan terhaadap banyak zat kimia. Bagian yang tidak memerlukan kelenturan diper kuaat lagi dengan bahan kompleks sklerotin dan kutikulin; yang komposisinya hampir mirip dengan kuku manusia. Seluruh kerangka masih dilapisi bahan lilin yang menjadikannya tahan terhadap air, baik dari luar maupun dalam. 

2 Responses to "Serangga Binatang Ajaib "