Mengenal Albert Einstein dan Teori Relativitas


Sang Jenius
Albert Einstein, siapa yang tak mengenalnya? Bagi para ilmuwan dan kaum terpelajar tentu mengenal seorang keturunan Yahudi tersebut. Ia lahir di kota Ulm, pada tanggal 14 Maret 1879. Ayahnya adalah pemilik perusahaan alat-alat listrik di Munich, Jerman. Betul semasa kanak-kanak sebelum Einstein bermukim di Amerika Serikat, ia menetap di Jerman. Pada tahun 1933 ia pergi dan menetap di Amerika Serikat.  Saat dimana Jerman bersiap untuk berberang.
Pada masa kanak-kanak, ia seorang pendiam, senang menyendiri, dan dalam hal belajar ia sangat lambat. Di kelas, ia tergolong anak yang kurang cakap. Namun tidak jarang ia membuat gurunya kebingungan, karena tiba-tiba ia mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang sulit di jawab. Walaupun ia kurang cakap, namun ia sangat menyukai pelajaran matematika dan kesusastraan. Ia sangat tertarik kepada jarum kompas yang selalu menunjuk ke arah utara. Saat dewasa, Einstein menunjukan kelebihannya. Pada usia 17, ia memasuki sekolah Institut Politeknik di Zurich, Switserland atau Swis negeri arloji. Ia tamat pada tahun 1900, dan ditawari menjadi asisten dosen. Namun ia menolak. Ia lebih memilih bekerja pada sebuah kantor Paten di Bern Jerman.
            Setelah ia menikah masih saja bekerja dengan giat, berfikir dan juga banyak menulis. Di samping itu tak habis-habisnya ia berhasil merumuskan dan meyakinkan kepada kawan-kawan , dasar-dasar hukum untuk memahami alam semesta ini.
            Teori relativitas merupakan penemuan terhebat dan tetap di pakai dalam dunia modern ini. Teori tersebut dibuat pada tahun 1905. Namun teori tersebut tidak langsung diterima oleh masyarakat pada waktu itu. Lambat laun teori tersebut mendapat pengakuan. Sejak itu namanya kian melambung. Berbagai universitas di Eropa mengundangnya untuk mengajarkan teori relativitasnya tersebut. Pada tahun 1913 ia menerima undangan untuk memimpin sebuah tempat penyelidikan ilmiah di Berlin, Jerman. Ia menyanggupinya. Tetapi justru pada saat ia tinggal di Berlin, ramah tangganya tidak dapat dipeertahankan.ia bercerai dengan istrinya. Kemudian ia menikahi adik sepupunya.
            Buku teorinya yang pertama itu telah mendorongnya semakin giat untuk menulis. Akan tetapi buku itu sendiri baru dikenal sebatas para ilmuwan. Barulah beberapa tahun kemudian setelah Perang Dunia Pertama usai, teorinya dikenal secara luas. Tatkala terjadi gerhana matahari, pada saat itulah teorinya teruji. Yakni untuk mencocokan dengan adanya berkas-berkas sinar.
            Namanya kian melambung, semua orang menganggapnya sebagai seorang jenius. Ia dianggap sebagai tokoh internasional, walaupun banyak orang kurang bisa mengikuti gagasan-gagasannya. Pada tahun 1921 ia mendapat undangan Pemerintah Amerika Serikat. Tahun ini pula ia menerima hadiah Nobel.
Setelah sepuluh tahun lebih ia tinggal di berlin, maka pada tahun 1933 ia pun menentukan dirinya untuk meninggalkan Jerman dan pindah ke Amerika Serikat. Di negeri Paman Sam tersebut, ia diterima dengan baik dan diberi kedudukan yang tinggi dalam Institut di Princeton New Yersey.
            Pada awal tahun pecahnya Perang Dunia Pertama, beberapa orang sahabatnya datang kepadanya untuk meminta bantuan. Masalahnya, mereka merasa sangat takut kalau-kalau nanti didahului dalam membuat bom atom oleh Jerman. Mereka mendorong Amerika cepat mendahuluinya. Karena dalam teori relativitas itu terdapat penegasan bahwa sejumlah besar energi terdapat dalam atom.
            Ternyata Einstein adalah seorang humoris. Seorang yang penuh dengan rasa perikemanusiaan. Ia merasa keberatan kalau teorinya akan dipakai sebagai alat mengancurkan sesama.
            Seoarng yang disebut-sebut paling jenius sekolong langit ini, meninggal pada 18 April 1955. Namun penemuan-penemuanya masih terus diuji dan mempengaruhi dunia ilmu pengetahuan modern, terutama teori relativitas. Relativitas merupakan subjek yang penting berkaitan dengan pengukuran (pengamatan) tentang di mana dan kapan suatu kejadian terjadi dan bagaimana kejadian tersebut dianalisa (diukur) menurut suatu kerangka acuan yang bergerak relatif  terhadap kerangka yang lain. Lebih dalam tentang teori Relativitas? silahkan buka di sini

0 Response to "Mengenal Albert Einstein dan Teori Relativitas"

Post a Comment