Panda Hewan Asal Cina


Bentuk panda mirip beruang. Ia termasuk rakon dan beruang. Makanan kesukaannya adalah bambu muda atau rebung. Pada banyak terdapat di Cina. Cara berjalan plantigrad adalah kaki di tekan ke dalam tanah sehingga meninggalkan jejak seperti kaki pada manusia. Saat berjalan ia sangat lamban. Namun tidak demikian saat ia memanjat pohon.
Ada dua macam panda, yaitu panda sejati dan panda raksasa. Panda sejati sebesar kucing dengan ekor berjumbai. Kukunya dapat ditarik ke dalam seperti halnya kucing. Punggung dan kepalanya berwarna coklat, coklat tua, atau merah. Telinga, pipi dan dagunya berpinggiran putih. Bagian atas matanya berbercak putih. Desis suaranya seperti kucing, tetapi dapat mengaum seperti beruang.
Panjang tubuh panda raksasa sekitar dua meter dan beratnya lebih dari 90 kg. Warna tubuhnya putih atau krem serta di seputar mata, telingga, kaki, dan bahunya hitam. Cakarnya kuat serta berekor pendek dan kaku.
Panda berkembangbiak dengan beranak. Kira-kira 1-4 ekor. Akan tetapi, jarang sekali panda yang dipelihara akan dapat berkembangbiak. Di kebun binatang seluruh dunia, jumlah panda hanya terdapat 35 ekor.

1 Response to "Panda Hewan Asal Cina"