Penemu Radio


Guglielmo Marconi dilahirkan di Bologna, Italia, pada tahun 1874. Ia lahir dari keluarga kaya raya dan orang tuanya menghadirkan guru kerumah untuk mendidiknya. Pada usia 20 tahun ia mengulangi percobaan Heinrich Hertz. Ia berhasil menemukan gelombang elektromagnetik yang tak tampak oleh mata. Gelombang itu bergerak lewat udara dengan kecepatan suara. Sehubungan dengan itu, idenya muncul guna memanfaatkan gelombang tersebut untuk mengirim sandi atau berita melintas jarak jauh tanpa kawat. Selama setahun ia berusaha mewujudkan hal tersebut. Pada tahun 1896, alat itu diperagakan di Inggris dan mendapat hak paten. Pada tahun 1901, ia berhasil mengirim berita radio melintas samudra Atlantik, yaitu dari Inggris ke New Foundland.
Ia mendapat hadiah Nobel pada tahun 1909 ketika alat ini dapat menolong korban tabrakan kapal S.S Republic yang akhirnya tenggelam ke dasar laut. Pada tahun 1910, radio ciptaannya berhasil mengirim berita dari Irlandia ke Argentina dengan jarak kurang lebih dari 6000mil.
Komunikasi tanpa kawat mempunyai arti penting dalam dunia moderen, baik untuk hiburan, keperluan militer, pengiriman berita, penyelidikan ilmiah maupun tugas-tugas kepolisian. Selain itu hasil penemuan Marcone secara tak langsung merupakan titik tolak perkembangan televisi, dan satelit. 

0 Response to "Penemu Radio"

Post a Comment