Persiapan Menggambar


Unsur seni rupa yang utama adalah gambar, sehingga gambar dikenla sebagai ibu dari dunia seni rupa pada umumnya. Begitu juga dengan seni lukis, prasarat utama apabila kita hendak melukis adalah kemampuan kita menggambar.
                Bayangkan apabila kita melukis namun tanpa dilengkapi gambar. Bagaimana kita bisa bercerita memiliki  membuat rumah yang indah, tanpa kita menunjukan gambarnya, atau fotonya. Gagasan asli seniman tertuang lewat gambar dan kemudian diwujudkan dengan suatu seni rupa yang bermutu.
                Kemampuan menggambar itu penting, dan menjadi wadah ide-ide kreatif kita. Jadi sebelum anda belajar melukis, hendaknya kemampuan teknik menggambar harus di kuasai sepenuhnya. Yaitu kemampuan menggambar secara manual( keterampilan tangan)
1.       Alat Gambar
Alat untuk menggambar amatlah banyak, benda yang dapat digunakan untuk menulis tentu dapat juga untuk menggambar. Ada  beberapa alat gambar yang lazim kita ketahui antara lain sebagai berikut.
alat-alat gambar

a.       Pensil
Pensil untuk menggambar dapat dibagai menjadi enam kelompok besar, yaitu pensil biasa, mekanik, pensil gambar, pensil dermotograf, pensil cat air, dan konte.
Kekebalan garis pensil hitam yang dihasilkan bervariasi. Tingkat kekerasan dan kehitaman garis yang dihasilkan terlihat dari kode pensil, sperti F, H, HB, B, 2B, 3B, 4B, 5B, 6B, hingga EE
Pensil dermatograf atau pensil kaca, digunakan sebagai alat gambar untuk bidang keras dan licin. Pensil cat air merupakan pensil berwarna biasa yang jika disapu kuas berair akan muncul efek seperti halnya cat air. Sedangkan  pensil conte atau pensil arang digunakan sebagai alat menggambar potret
b.      Spidol
Spidol untuk menggambar secara umum terbagi atas dua kelompok, yaitu spidol berujung ramping menajam dengan berbagai  ukuran dan spidol berujung lebar dengan berbagai ukuran. Tinta spidol ada yang bercampura air, dan ada juga yang bercampur alkohol.
c.       Rapido
Rapido adalah alat untuk menggambarr pada kertas kalkir dengan ketepatan yang tinggi. Mata rapido umumnya bernomor dari 0,1 hingga 0,8
d.      Pena
Pena adalah alat untuk menulis yang dapat dipergunakan sebagai alat untuk menggambar dengan efek visual tertentu. Biasanya pena dipergunakan untuk menulis kaligrafi.
e.      Ballpoint
Ballpoint adalah alat tulis yang dapat digunakan untuk menggambar. Selain ballpoint, kita juga mengenal alat menulis bermerek boxy yang dapat dipergunkan untuk menggambar atau membuat sketsa.
2.       Pewarna
a.       Pensil gambar
Pensil gambar adalah alat  pewarna atau pemulas yang dapat langsung dipergunakan pada bidang media gambar kertas. Pensil gambar dipasaran bermacam macam zat pencampurnya,.
b.      Cat air (water colour)
cat air adalah jenis pewarna dengan pencampuran air. Karakter gambar cat air adalah warna dibuat secara transparan (tipis) dan disapu secara berulang-ulang sehingga menggasilkan efek gradaasi warna yang unik
c.       Cat minyak (oil colour)
Cat minyak adalah jenis pewarna dengan pencampur minyak. Karakteer gambar cat minyak adalah tebal dan dalam beberapa hal menghasilkan tekstur karena kekasaran sapuan kuas.
d.      Cat poster (poster colour)
Jenis cat ini merupakan pewarna dengan pencampur air. Karakter gambar dengan cat poster adalah warna blok (merata) pada bidang gambar. Namun apabila hendak menimbulkan efek kedalaman warna dapat pula dicampur dengan warna yang lebih muda.
e.      Cat akrilik
f.        Cat akrilic adalah jenis pewarna yang memiliki tingkat kecerlangan yang tinggi. Ada dua jenis cat akrilik, yaitu cat akrilik dengan pencampur air, dan cat akrilik dengan pencampur minyak.
g.       Cat semprot
Cat semprot adalah jenis pewarna yang disemprotkan pada gambar(teknik airbrush) yang pekerjaannya perlu ketelitian yang tinggai.
h.      Pastel
Pastel adlah pewarna yang digososkan pada bidang gambar dengan tekanan tertentu. Sebagaimana pensil gambar, pencampuran warna pastel dapat dilakukan dengan penimpaan warna secara berulang. Baurnya warna dan objek gambar merupakan karakter khas dari gambar dengan pastel.
i.         Pastel lunak
Pastel lunak adalah salah satu pewarna yang penerapannyadilakukan dengan cara membusamkan serbuk pastel yang dikerik terlebih dahulu di atas bidang gambar.  Gambar yang dihasilkan dengan pastel lunak bersifat fotorealistik.
Selain alat gambar dan pewarna yang telah disebutkan diatas sebetulnya masih banyak lagi yang dapat kita temukan di pasaran.
3.       Media Gambar
Media gambar sangat beragam. Dari kertas, sampai kanvas. Dan sebetulnya media gambar dapat berupa benda apa saja. Tentu masing-masing karakteristik media gambar berbeda-beda.
                Sebelum kita menggambar kita perlu menyiapkan alat-alat di atas. Selain itu juga ada lat bantu gambar lain, misalnya palet, dan tiang penyangga.  Jenis dan bahan yang mana yang baik, tentu disesuaikan dengan tujuan dan fungsi apa yang kita gambar tersebut.  

0 Response to "Persiapan Menggambar"

Post a Comment