Mengenal RAM dan ROM

Saat anda hendak membeli ponsel pintar maka pada spesifikainya anda akan menjumpai fitur ponsel yang bernama RAM dan juga ROM, selain fitur-fitur lain tentunya. Masih banyak yang belum mengenal apa itu RAM dan ROM. Agar pemahaman kita mengenai kedua istilah tersebut bertambah, mari kita baca uraian di bawah ini.
            Pertama ROM. ROM adalah kepanjangan dari Read Only Memory yaitu jenis memori yang hanya dapat dibaca dan tidak dapat diisi atau ditulisi dengan data. Untuk melakukan pengisian atau penulisan data harus dilakukan dengan menggunakan proses khusus. ROM berfungsi menyimpan data-data internal yang digunakan untuk menempatkan Operai System (OS) beserta seluruh sistem-sistem yang ada didalamnya.
ROM adalah bentuk penyimpanan data dalam komputer dan perangkat elektronik termasuk. Pada smartphone dan tablet yang tidak dapat dengan mudah dirubah oleh program.
Sementara RAM adalah bentuk penyimpanan yang dapat diakses secara acak setiap saat. RAM diukur dalam besaran Megabyte dan Gigabyte dan kecepatannya diukur dalam nanodetik dan chip RAM dapat membaca data lebih cepat dibandingkan dengan ROM. Dalam penggunaan umum, istilah RAM identik dengan memori utama yaitu memori yang tersedia untuk program. RAM membutuhkan aliran listrik untuk meyimpan data sementara ROM akan menyimpan data tanpa aliran listrik.
RAM merupakan jenis memori volatile. Data dalam RAM tidak pernah ditulis dan apabila perangkat anda dimatikan maka data yang ada didalamnya akan terhapus. Lain Lagi dengan ROM, ROM merupakan jenis memori non volatile, bila perangkat anda matikan maka data didalamnya tidak akan terhapus.
Selain yang diatas, masih banyak lagi perbedaan antara RAM dan ROM. Selain itu juga ada kesamaan yaitu keduanya sama-sama digunkan dalam pengoperasian perangkat mobaile anda, dan mempengaruhi sistem pengoperasian baik dan buruk pada sebuah perngkat. 

0 Response to "Mengenal RAM dan ROM"

Post a Comment