Pengantar TIK

Definisi
TEKNOLOGI : pengembangan dan aplikasi dari alat, mesin, material, dan proses yang menolong manusia menyelesaikan masalahnya.
INFORMATIKA : mencakup beberapa macam bidang, termasuk di dalamnya: ilmu komputer, ilmu informasi, sistem informasi, teknik komputer dan aplikasi informasi dalam sistem informasi manajemen.
Secara umum informatika mempelajari struktur, sifat, dan interaksi dari beberapa sistem yang dipakai untuk mengumpulkan data, memproses dan menyimpan hasil pemrosesan data, serta menampilkannya dalam bentuk informasi.
KOMUNIKASI :suatu proses penyampaian informasi (pesan, ide, gagasan) dari satu pihak kepada pihak lain agar terjadi saling mempengaruhi diantara keduanya.
Teknologi Informasi
INFORMASI : hasil pemrosesan, manipulasi dan pengorganisasian/penataan dari sekelompok data yang mempunyai nilai pengetahuan (knowledge) bagi penggunanya.
Teknologi informasi: hasil rekayasa manusia terhadap proses penyampaian informasi dari bagian pengirim ke penerima sehingga pengiriman informasi tersebut akan: lebih cepat, lebih luas sebarannya, dan lebih lama penyimpanannya.
Fungsi Teknologi Informasi
Capture : proses penyusunan rekord aktivitas yang terperinci.
Processing :  mengubah, menganalisis, menghitung, dan mengumpulkan semua bentuk data atau informasi.
Pengolahan data
Pengolahan informasi
Pengolahan kata
Pengolahan spreadsheet
Pengolahan gambar
Pengolahan suara
Pengolahan multimedia
Generation : proses mengorganisir informasi kedalam bentuk yang bermanfaat.
Storage : proses penyimpanan data atau informasi ke dalam sistem.
Transmision : proses pendistribusian informasi melalui jaringan komunikasi.
Intranet
Data vs Informasi
Data adalah deskripsi dari sesuatu dan kejadian yang kita hadapi. Data adalah kenyataan yang menggambarkan suatu kejadian-kejadian dan kesatuan nyata. Kejadian (event) adalah sesuatu yang terjadi pada saat tertentu. Data merupakan bentuk yang belum dapat memberikan manfaat yang besar bagi penerimanya, sehingga perlu suatu model yang nantinya akan dikelompokkan dan diproses untuk menghasilkan informasi. Data nilai mahasiswa yang diserahkan dosen kepada bagian pengolah nilai.
Contoh informasi:
Lembar KHS yang berisi daftar nilai beserta IPK mahasiswa.
Data disatu sisi adalah informasi dan informasi disatu sisi sebagai data.
Perbedaan data dan informasi tergantung dari sudut pandang masing-masing
Data Processing
Adalah masa atau waktu yang digunakan untuk mendeskripsikan perubahan bentuk data menjadi informasi yang memiliki kegunaan.
Operasi penglahan data: Input data, Pemrosesan data, Output data
Siklus Informasi
Pertama-tama data dimasukkan ke dalam model yang umumnya memiliki urutan proses tertentu dan pasti. Setelah diproses akan dihasilkan informasi tertentu yang bermanfaat bagi penerima (level management) sebagai dasar dalam membuat suatu keputusan atau melakukan tindakan tertentu. Dari keputusan atau tindakan tersebut akan menghasilkan atau diperoleh kejadian-kejadian tertentu yang akan digunakan kembali sebagai data yang nantinya akan dimasukkan ke dalam model (proses), begitu seterusnya.
Peranan Manusia dalam TIK
Perkembangan TIK tergantung pada kemampuan manusia yang terlibat secara langsung ataupun tidak langsung. Produk TIK hanyalah suatu media. Penggunaannya tergantung pada manusia yang menggunakan TIK tersebut. Dibutuhkan iklim dan regulasi kebijakan yang mendukung mekanisme TIK terutama di negara berkembang. Pengguna perlu memiliki kualitas, kemampuan dan kompetensi tinggi. Dibutuhkan kebijakan dan strategi yang berkaitan dengan pengembangan SDM bidang TIK untuk mengantisipasi perkembangan yang sangat pesat. Dibutuhkan manajemen yang baik untuk mengelola implementasi TIK. Kelancaran implementasi TIK, selain tergantung pada tingkat pendidikan dan practical training yang bersifat pengetahuan teknis, juga bergantung pada pengetahuan mengenai privacy, ethics, computer crime, dan sebagainya


0 Response to "Pengantar TIK"

Post a Comment