Alat Pencernaan Manusia dan Fungsinya

Apakah anda sudah sarapan, makan siang dan juga makan malam? Menu apa yang telah anda santap pada hari ini? Alhamdullilah tentunya bagi anda yang tidak susah payah mencari sesuap nasi, semangkok sayur. Tapi banyak lho..saudara-saudara kita yang masih kesulitan mencari segenggam nasi hanya untuk sekedar mempertahankan hidup. Bagi kita yang sudah diberi rizqi yang kecukupan, mudah-mudahan dapat berbagi dan berbagi walaupun sesuap nasi bagi yang membutuhkan tentunya. 
Kali ini kami juga mau berbagi, tapi bukan makanan, namun berbagai artikel yang berkaitan dengan alat pencernaan makanan. Tanpa alat pencernaan  tidak ada artinya sebuah makanan, yang enak ataupun mahal. Alat pencernaan  di dalam diri kita dan fungsinya yang membuat kita tumbuh dan berkembang.
Setelah kita memperoleh makan, tentu kita makan. Pertama lewat mulut sampai suatu saat makanan tersebut hanya berupa ampas yang kemudian kita keluarkan di toilet. Untuk lebih mensykuri kemurahan Tuhan dan juga keagungannya mari kita simak artikel tentang alat-alat pencernaan kita. Pencernaan manusia, begitulah. 
alat pencernaan kita terdiri atas mulut, kerongkongan, lambung, usus halus dan usus besar. Alat-alat pencernaan tersebut melakukan proses pencernaan yang berupa gerakan dan juga  penyerapan zat makanan yang dilakukan oleh enzim. Proses pencernaan yang berupa gerakan disebut proses mekanis, atau kita sebut pencernaan mekanis, sedangkan proses yang dilakukan oleh enzim disebut proses kimiawi, atau lebih sering disebut pencernaan kimiawi. 
Mari kita bicarakan alat-alat pencernaan manusia seperti disebutkan 
a. mulut. 
Mulut adalah awal masuknya makanan. di dalam mulut terjadi proses pencernaan mekanik yang dibantu oleh gigi dan lidah. Gigi berfungsi melumatkan atau memotong-motong makanan agar mudah di telan sedagkan lidah berguna untuk membolak-balikan makanan di dalam mulut. Di dalam mulut ada air liur. di dalam kandungan air liur terdapat enzim amilase. Pencernaan ini tentunya disebut pencernaan kimiawi. Enzim amilase berfungsi mengubah zat tepung menjadi gula.
b. Kerongkongan
di dalam kerongkongan terjadi pencernaan mekanik dengan gerakan yang disebut paristaltik. 
c. Lambung
setelah melewati proses paristaltik di kerongkongan, makanan masuk ke lambung. Di lambung makanan dicerna dengan bantuan enzim yang keluar dari dinding lambung. Enzim-enzim tersebut adalah
- pepsin, berfungsi mengubah protein menjadi pepton
- asam klorida, berfungsi membunuh mikroba yang terbawa pada makanan yang dicerna.
- renin, berfungsi mengendapakan keju dan air susu. 
makanan yang ada di dalam lambung melewati proses pencernaan kurang lebih 2 sampai 5 jam. 
d. Usus Halus
bagian terpenting pada usus halus adalah usus dua belas jari. Di dalam dinding usus ini terdapat muara dari dua saluran, yaitu saluran yang berasal dari kandung empedu dan satunya lagi merupakan saluran yang berasal dari pankreas. 
Kandung empedu menghasilkan empedu yang berguna untuk meng-emulsikan lemak. Pankreas menghasilkan cairan pankreas yang mengandung enzim
- amilase, yang berfungsi mengubah zat tepung menjadi zat gula
- tripsin, yang berfungsi mengubah protein menjadi asam amino
- lipase, yang berfungsi megubah lemak menjadi gliserol dan asam lemak.
Peranan enzim-enzim di atas di sampaing sebagai proses pencernaan kimiawi, juga peranan yang utama adalah untuk mengubah zat-zat makanan sehingga menjadi bentuk yang dapat diserap oleh usus. Pekerjaan enzim dan hasil penguraiannya diikhtisarkan sebagai berikut:

Zat Makanan
Nama Enzim
Hasil
Karbohidarat
protein
lemak
amilase
tripsin
lipase
gula
asam protein
asam lemak + gliserol

di dalam usus halus terjadi pelumatan dan penyerapan sari makanan.  Penyerapan sari makanan oleh sel-sel dindig usus halus disebut absorpsi. 
e. Usus Tebal (Besar)
setelah sari-sari makanan terserap di dalam usus halus. tersisalah sisa makanan. Sisa makanan ini kemdian dipisahkan dengan antara sisa berupa padat dan cairan. Sisa makanan yang berupa cairan kemudian diserap oleh ginjal. Sedangkan sisa makanan yang padat akan dikeluaran berupa feses
begitulah kira-kira proses pencernaan makanan yang terjadi pada manusia. Jika kita tilik lebih jauh lagi maka proses pencernaan makanan begitu rumit dan sekaligus rapi. Bagian-bagian alat pencernaan dan enzim-enzim berfungsi sesuai tugasnya.

0 Response to "Alat Pencernaan Manusia dan Fungsinya"

Post a Comment