Manfaat Sansivera untuk Kesehatan

Manfaat Sansivera untuk Kesehatan Udara dan Antiseptik

Lidah mertua istilah untuk menamai sansivera di negeri Indonesia banyak kita jumpai karena tanaman ini begitu mudah ditanam, baik sebagai tanaman pagar ataupun tanaman hias. Ragam sansivera memiliki eksotis yang memikat untuk di jadikan sebgai tanaman hias. Begitu pula karena mudah berkembangbiak dengan tunas jenis sansivera dijadikan pagar pekarangan yang dapat kita lihat diberbagai tempat di Indonesia. 
Namun apakah hanya sekedar sebagai tanaman hias atau tanaman pagar sansivera ditanam? Tidak, saudara. Sansivera juga ditanam karena memiliki manfaat tertentu tidak hanya sekedar penyedap suasana. Menurut penelitian yang kridibel dan dapat dipercaya, sansivera didalam kandungannya terdapat zat aktif pregnan glikosida yang mampu menyerap sebanyak 107 unsur polusi yang terkandung di dalam udara. 
Proses sederhana dapat digambarkan sebagai berikut; 
Polutan dalam udara diserap oleh sansivera kemudian dikirim ke akar , di bagian akar ini, mikroba melakukan proses detoksifikasi yang dilakukan oleh zat aktif pregnan glikosida. Dalam proses ini mikroba akan menghasilkan suatu zat yang diperlukan oleh tanaman seperti asam amino, gula, dan asam organik. Dan tentu hasil akhir dari proses ini adalah dihasilkannya udara yang bersih. 

Zat-zat pencemar udara yang sering dijumpai dilingkungan perkotaan, misalnya, SO2, NO dan NO2, CO, O3, SPM dan Pb, yang memiliki peranan terjadinya hujan asam, global warning, dan anomali iklim El Nino-La Nina yang anda sendiri pasti mengetahui sumber perusak lingkungan hidup. Kanker paru-paru merupakan salah satu penyakit berbahaya yang diakibatkan dari berbagai polusi udara tersebut. Salah satu langkah mengurangi dampak polusi udara tentu langkah sederhana adalah dengan menanam sansivera, di pekarangan, di teras atau dapat juga di dalam ruangan.

Sansivera mampu menyerap polutan derivat hidrokarbon seperti formaldehid sebanyak 0,938 mikrogram/jam, maka jika Anda menanam sansivera di dalam ruangan yang berukuran 100 meter persegi cukup ditempatkan sansivera laurentii dewasa berdaun empat sampai lima helai, sebagai penetral udara tercemar akibat, misalnya kegitan merokok yang dilakukan seseorang didalam ruangan.
Tidak salah jika banyak orang menanam sansivera  lebih sering ditempatkan di dalam ruangan, di kandung maksud juga sebagai penyerap polusi yang ada didalam ruangan, selain tentunya sebagai penghias ruangan. 
Tidak hanya itu manfaat sansivera. Penangkal Radiasi elektromagnetik juga dapat dikurangi berkat adanya sansivera ini. Radiasi ini dihasilkan dari peralatan elektromagnetik di ruamah kita, atau di lingkungan kita berada. Misalnya Anda sekarang ini, menggunakan, desktop, notebook, leptop, tablet ataupun ponsel. Alat-alat yang anda gunakan tersebut tanpa kita sadari memancarkan radiasi elektromagnetik yang tentu berbahaya bagi kesehatan. Jenis sansivera penangkal radiasi elektromagnetik ini adalah sansivera jenis Bolpho Pyllom yang berasal dari Amerika. Jenis ini merupakan sansivera silindris langka yang biasa hidup di gurun pasir.

Berbagai kandungan sansivera dapat dipergunakan sebagai antiseptik yang dapat ditemui di bagian daun. Jenis sansivera trifasciata lorenttii dapat dimanfaatkan untuk mengobati bengkak, eksim, sakit gigi, wasir, pencegah flu, dan juga sebagai penawar racun dari bisa binatang baik ular maupun serangga. 
Bagaimana anda tertarik untuk menam sansivera atau lidah mertua. Jika melihat manfaat yang telah kami sampaikan diatas, tentu kami anjurkan anda sekarang menanam sansivera. 

0 Response to "Manfaat Sansivera untuk Kesehatan"

Post a Comment