Merpati Pos Pengirim Pesan Masa Silam

Jaman sekarang berkirim surat, lewat pak pos merupakan hal yang asing. Namun dulu saat media komunikasi tidak semudah sekarang, antar teman, sahabat, maupun pasangan sering menggunakan surat sebagai penyampai pesan. Jika ditahun 80 an pengantar surat adalah pak pos, maka jauh sebelum itu, burung merpati lah yang menjadi pengantar surat ke berbagai tujuan. Jika saat ini kita begitu mudahnya berkirim pesan, ibaratnya sambil buang air besar pun kita dapat berkirim pesan ke pelosok dunia. 

merpati pos ( source: tempo )
Benarkah seekor burung merpati dapat mengantar seperti yang kita lihat dalam film-film maupun dongeng-dongeng yang kita dengar? Jawabannya adalah benar.Burung merpati merupakan jenis burung yang cukup pintar. Burung ini memiliki naluri ilmiah, yaitu dapat kembali ke sarangnya meskipun sudah lama pergi jauh. Dengan naluri tersebut burung merpati terlatih sering di manfaatkan untuk mengirim surat. Merpati jenis ini di sebut dengan merpati pos. Pada masanya merpati pos menjadi sangat populer sebagai media komunikasi yang memang pada waktu itu sangat sulit ditemukan media komunikasi laiinya yang lebih efektif dari jasa sekor burung merpati. 
Menurut catatan sejarah, orang yang pertama kali memanfaatkan burung merpati untuk mengirim surat adalah Sultan Baghdad, yang bernama Nurrudin pada tahun 1946. saat perang dunia pertama berkecamuk, pasukan Amerika juga menggunakan burung merpati sebagai sarana berkomunikasi. Merpati bernama Winkie NEHU  berjasa dalam penyelamatan seorang awak pasukan udara pada tahun 1942, sehingga pada tanggal 2 Desember 1943 burung tersebut mendapatkan penghargaan karena jasanya. Seekor burung merpati jantan berwarna abu-abu yang bernama 139 DD 43 T pada tahun 1945 terbang melebihi seribu mil dalam 23 misi untuk menyampaikan selembar kertas berisi pesan penting. Burung merpati ini juga telah terbang sejauh 64 kilometer dalam waktu 50 menit dan berhasil menolong sekumpulan tentara perang yang sedang terjebak di tengah lautan karena kerusakan mesin kapal. 
Burung merpati betina yang bernama GI Joe USA43SC6390 sangat berjasa pada perang dunia kedua karena dapat menyelamatkan sekitar 100 nyawa tentara Amerika, sehingga mendapat penghargaan pada tahun 1946. Merpati tersebut terbang dengan cepat sejauh 20 mil dan membawa informasi tentang markas besar pasukan tentara Amerika akan diledakkan. Sebelum adanya telegram, cara berkomunikasi dengan menggunakan merpati ini sangat diandalkan bagi orang-orang pengguna saham dan orang keuangan. Perusahaan Belanda mendirikian sistem sipil dan militer di Jawa dan Sumatera sejak di awal abad ke-19, burung-burung diperoleh dari Baghdad. Pada tahun 1851, pria kelahiran Jerman (Paul Julius Reuter) membuka kantor di kota London yang menghubungkan pasar saham London dan Paris melalui Calais baru ke kabel. Reuter sebelumnya pernah menggunakan merpati untuk memberitahukan kenaikan harga saham antara Aachen dan Brussels, jasa yang dioperasikan selama satu tahun sampai perbedaan dengan telegram tertutupi. Detail dari dipekerjakannya merpati-merpati itu, selama pengepungan di Paris pada tahun 1870-1871 menggiring pada kebangkitan pelatihan merpati untuk tujuan militer. 
Merpati jenis ini diberdayakan oleh masyarakat di semua kota-kota Eropa yang penting, dan saat ini banyak pemerintahan  menciptakan sistem komunikasi untuk milter dengan merpati pos. Merpati pos telah terlatih dengan baik untuk bidang kemiliteran. Tujuannya berbalik atau berpindah ke angkatan laut untuk mengirimkan pesan ke paerairan terdekat. Merpati pos juga di berdayakankan oleh perusahaan swasta atau perorangan. Sebelum kedatangan radio, merpati digunakan juga oleh surat kabar untuk melaporkan berita. 
Tentu untuk menjadikan burung merpati menjadi merpati pos cukup sulit dan perlu latihan. Jika burung mepati sudah dilatih sedemikian rupa, maka burung merpati akan memiliki daya ingat yang kuat, kemampuan naigasi yang tinggi. Dalam hal makanan sebagai menu keseharian burung merpati, burung merpati merupakan makan khusus  berupa campuran kalium karbonat dan minyak ikan. menu campuran makan tersebut berguna sebagai vitamin yang dapat membuat burung merpati kuat dan mudah dilatih.
Disaat teknologi komunikasi seperti saat ini, seperti SMS, Email, BBM dan lainnya tentu keberadaan burung merpati pos dengan fungsinya yang luar biasa, sudah tidak lagi sepenuhnya dimanfaatkan dalam media komunikasi. Walaupun masih ada yang memanfaatkan dalam beberapa kasus, ada seorang narapidana yang menyelundupkan ponsel ke Lembaga pemasyarakatan, dengan bantuan merpati pos. Jika ini tentu bukan untuk dicontoh. 

sumber: wikipedia dan sumber lainnya

Artikel-artikel  berikut yang berhubungan dengan merpati layak untuk dibaca ;


0 Response to "Merpati Pos Pengirim Pesan Masa Silam"

Post a Comment