Cara Menjadikan Anak Cerdas

Mempunyai buah hati dan meyakaikan ia tumbuh berkembang merupakan salah satu hal terindah dalam hidup. Orang tua manapun, pasti berkeinginan anak anak kita memiliki kecerdasan. Untuk menjadikan anak cerdas, banyak faktor yang menentukan. Usia anak dimulai dari usia apapun bahkan saat masih di dalam kandungan, merupakan usia yang penting menumbuhkan kecerdasan anak. Berikut cara yang perlu orang tua lakukan agar anak menjadi cerdas. 

1. Ajak anak bicara 
Luangkan waktu sebanyak mungkin untuk berkomunikasi dengan anak. Sering seringlah bercakap cakap dengan anak, walaupun anak mungkin belum mampu berbicara. 
Bercakap cakap dengan topik apaun. Tentu topik yang baik yang memotifasi anak, topik tentang alam, binatang ataupun topik tentang keluarga Anda. Anak anak yang dibesarkan dlingkungan yang sering mengajak anak berbicara memiliki tingkat IQ sebesar 28 lebih tinggi dari anak anak yang tidak sering diajak bercakap cakap. 

  
2. Selipkan hitungan dalam setiap percakapan 
Apapun percakapan itu, selipkan di dalamnya tentang hitungan. Misal, “ ayao mandi sore!, mandi kan minimal dua kali sehari”, “ Coba ambil tiga pensil itu kemari”, “ Ibu sedan memasak tujuh telur ayam”, kita kerumah kakek sepuluh menit lagi”, Ayah membelikan kamu tiga baju” “ Ada berapa kaki  kambing? 


3. Latih dan Uji Ingatan Anak. 
Kemampuan daya ingat merupakan salah satu unsur kecerdasan. Untuk melatih daya ingat anak bayak yang dapat dilakukan. Salah satunya dengan permainan sederhana seperti satu keping uang logam, kemudian ditaruh di salah satu tangan yang jarinya mengepal. Anak diminta menunjukan di tangan mana uang itu ada. Permainan lain bisa juga dengan beberapa kertas kecil yang terdiri dari bermacam warna, kertas warna tersebut dibalik, anak diminta menunjukan warna yang dikehendaki. 

  
4. Melatih kemandirian anak 
Dalam usia dua tahunan, anak ajarkan tentang kemandirian, mengenakan sandal, sepatu, baju sendiri. 

  
5. Mengajak anak berpendapat 
Sedini mungkin latihlah anak untuk menyampaikan permintaan  yang anak sukai. Misal, Biarkan anak memilih sendiri baju, permainan atau hal lain yang akan dibeli. Atau bisa juga orang tua meminta anak ingin dimasakan masakan apa. Intinya orang tua sesering mungkin melibatkan anak dalam berbagai hal. Jadikan anak subyek yang menentukan sendiri, bukan obyek. Orang tua dalam ini hanya menunjukan, memberi  tahu mana yang sesuai bagi anak. 


6. Latihlah kreativitas anak 
Melatih kreatifitas anak dapat dilakukan dengan orang tua menyediakan ruang, benda, alat alat untuk menunjang kreatifitas anak. Misalkan, sediakan pensil dan buku gambar untuk ia menggambar apa yang ia inginkan. Untuk permainan dianjurkan permainan puzzle, susun balok atau sejenisnya. 


7. Perkaya pengetahuan orang tua dengan membaca buku panduan perkembangan anak. 
Maksudnya orang tua tidak boleh berlebihan memaksa anak dapat melakukan sesuatu, padahal belum sesuai dengan usia si anak. Dengan banyak membaca buku tentang anak, maka orang tua dalam membimbing anak tidak salah jalur. 

  
Demikianlsh tujuh cara menjadikan anak cerdas dan genius. Semoga betmanfaat dan dapat menjadikan anak anak kita tumbuh cerdas. Jika Anda memiliki pengalaman atau cara lain untuk menjadikan anak cerdas, jangan disembunyikan, di bagi bagi dengan orang tua lain lewat kolom komentar di bawah ini.. 

0 Response to "Cara Menjadikan Anak Cerdas"

Post a Comment