Pengertian Biografi

pengertian biografi
Banyak cara untuk membuat kita termotivasi, semakin bersemangat menjalani kehudapan.  Salah satu cara untuk memotivasi diri kita adalah dengan membaca biografi tokoh.  Dengan membaca biografi pengetahuan kita akan kehidupan akan semakin positif. Mengapa demikian karena di dalam biografi menceritakan kisah atau perjalanan kehidupan seseorang dari lahir sampai mati. Dalam perjalanan seorang tokoh tentu sangat baik jika kita ambil sisi positifnya. Banyak dijumpai buku-buku biografi atau Jika anda melakukan pencarian search engine maka akan bermunculan biografi seorang tokoh. 

Secara sederhana pengertian biografi adalah kisah atau perjalanan seseorang dalam kehidupannya. Asal kata biografi sendiri berasal dari kata Yunani, yang terdiri dari kata bios dan graphien. Bios artinya hidup sedangkan graphien adalah tulisan. Jadi dari asal katanya biografi adalah tulisan tentang kisah hidup. 

Biografi bisa ditulis secara sederhana, dan dapat juga ditulis dalam bentuk kompleks. Isi tulisan biografi memuat nama, tanggal lahir, dan identitas umum lainnya seperti nama orang tua, ibu pekerjaan dan sebagainya. Selain menuliskan identitas, dalam biografi juga dimuat tulisan yang menunjukan pengalaman atau kisah yang ingin ditonjolkan dari orang yang akan ditulis biografinya. Bisa jadi biografi menceritakan secara detail perjalan hidup seseorang dari bayi,  masa anak anak, remaja sampai  dewasa dengan kisah perjalannya. 

Tulisan biogarafi adalah tulisan yang  merekam perjalan seseorang, maka tulisan biografi adalah fakta atau kenyataan. Biografi ditulis oleh orang lain. Bukan menulis sendiri kisah perjalan hidup kita sendiri misalnya. Karena jika sebuah tulisan yang berisi kisah hidup kita sendiri dan ditulis sendiri itu disebut dengan Otobiografi. Jadi Biografi dan Otobiografi memiliki objek tulisan yang sama, namun berbeda dari sisi penulis. 

Yang menjadi objek tulisan biografi sebenarnya tidak sebatas tokoh-tokoh terkenal, para pahlawan, penemu, artis, atau orang terkenal intinya. Objek tulisan biografi adalah siapa saja, baik itu orang baik, maupun jahat. Orang terkenal maupun tak dikenal. Hal tersebut pengertian biografi secara harfiah. Namun secara maknawi, tulisan biografi haruslah memuat tulisan dari orang-orang yang memiliki perjalanan hidup yang positif, yang dapat dijadikan pengalaman.  

Dan apabila ingin menulis biografi seorang  maka harus benar-benar absah atau dapat dipertanggungjawabkan. Harus memiliki sumber. Tidak boleh mendramatisir, karena biografi bukanlah cerita pendek ataupun novel. Menulis biografi membutuhkan bahan referensi dari berbagai sumber, bisa buku, majalah, atau internet.

Contoh Biografi yang kami ambil dari blog; http://www.rekambiografi.blogspot.com

Biografi Abu Bakar 

Abu Bakar putra dari pasangan Abu Quhaifah dan Umul Khair Salamah. Nama aslinya adalah Ka'bah, Kemudian saat masuk Islam nama Ka'bah ,diganti dengan nama Abu Bakar. Abu Bakar diberi gelar dengan sebutan Ash-Shiddiq, yang artinya yang amat membenarkan. Hal ini karena Abu Bakar merupakan orang pertama yang meyakini kebenaran terjadinya Isro' Mi'roj Nabi Muhammad SAW.


Usia Abu Bakar lebih muda dua tahun dari Nabi Muhammad SAW, dia dilahirkan tahun 573 M di Mekah, artinya dua tahun setelah terjadinya penyerbuan pasukan Abrahah dari Yaman yang menyerang Ka'bah. Keturunan bani Taim yang memiliki Garis hubungan dengan garis keturunan Nabi Muhammad SAW bertemu pada Murrah bin Ibnu Ka'ab, yang merupakan keturunan At-Tamimi dari suku Quraisy yang merupakan golongan terpandang dan kaya.  Beliau adalah sorang pedagang, hakim dengan kedudukan tinggi, berpendidik, serta mampu menafsirkan mimpi.

Abu Bakar dikenal akan kedermawanan dan kejujurannya. Selain itu Beliau juga memiliki sifat-sifat seperti, rendah hati, berhati tenang, mempunyai sikap penyabar, bersikap adil dan suka bermusyawarah, memperhatikan kaum yang tertindas atau fakir miskin.

Abu Bakar Masuk Islam
Abu Bakar menerima Islam sebagai jalan hidupnya atas ajakan dari Nabi Muhammad sendiri. Ia merupakan salah satu golongan orang yang pertama masuk Islam, istilah ini biasa dikenal dengan Assabiqunal Awwalun. Setelah ia memeluk Islam, kemudian mendakwahkan ajaran Islam kepada sahabat-sahabat terdekatnya, yaitu; Utsman bin Affan, Thalhah bin Ubaidillah, Zubair bin Awwam, Sa'ad bin Abi Waqas.
Setelah ia masuk Islam,  nama asli beliau yaitu Ka'bah diganti dengan Abullah bin Abu Quhafah dan mendapat julukan As-Shidiq oleh Nabi Muhammad.

Jika Abu Bakar menerima kebenaran Islam, berbeda dengan istrinya, Qutaylah binti Abdul Uzza, yang tidak ikut menerima Islam. Sehingga dalam perjalanan rumah tangga, Abu Bakar menceraikannya. Istri Abu Bakar yang lain yaitu Ummu Ruman mau menerima ajaran Islam.

Abu Bakar adalah satu-satunya orang yang menemani Nabi Muhammad Hijrah ke Madinah. Putri beliau, Aisyah, menikah dengan Nabi Muhammad , yang merupakan satu-satunya istri Nabi yang dinikahi masih dalam keadaan gadis.

Abu Bakar menjadi Khalifah
Kehalifahan berlangsung selama dua tahun. Namun selama kurun  dua tahun Abu Bakar melakukan hal-hal penting seperti
Memberangkatkan pasukan Usamah.
Keberangkatan pasukan Usamah pada waktu Rosullulah memerintahkan tertahan, karena pasukan ini mendengar akan keadan sakit pada diri Rasul. Setelah Abu Bakar menjadi Khalifah, Abu Bakar memerintahkan pasukan Usamah untuk terus melanjutkan rencana yaitu mengislamkan umat yang murtad. Pasukan ini terus berjuang untuk mengIslamkan kembali orang-orang yang keluar Islam karena meninggalnya Nabi Muhammad.

Menaklukan Kabilah-Kabilah yang tidak tunduk kepada pemerintahan
Abu Bakar memerangi kabilah-kabilah yang tidak tunduk kepada pemerintahan khalifah. Abu Bakar mengutus pasukan Khalid bin Walid dan Mutsai bin Haritsah Asy Syaibani untuk meminta kabilah kembali tunduk kepada pemerintah.

Memerangi orang yang tidak membayar zakat
Beberapa suku di jazirah arab enggan mengeluarkan zakat. Menurut pendapat mereka, zakat yang mereka keluarkan hanya sekedar upeti yang diberikan kepada Nabi Muhammad. Ketika Nabi Muhammad telah wafat maka kewajiban membayar zakat mereka anggap tidak diperlukan lagi. Anggapan ini tentu akan membahayakan umat Islam lainnya, sehingga Abu Bakar terpaksa memerangi suku-suku tersebut.

Penumpasan Nabi Palsu
Setelah wafatnya Nabi Muhammad, beberapa orang mengaku-aku nabi palsu. Orang-orang yang mengaku Nabi palsu antara lain, Musailamah Al Kazzab, Al Aswad, Tulaihah dan Sajah Tamimiyah. Jika dibiarkan mereka akan membahayakan umat Islam. Abu Bakar kemudian melakukan pemberantasan terhadap nabi-nabi palsu tersebut.

Mengumpulkan ayat-ayat Al-Quran dalam satu buku
Jasa besar Abu Bakar adalah usaha beliau menghimpun ayat-ayat suci Al-Quran yang berupa kulit pohon, tulang-belulang, batu-batuan. Maksud dari pengumpulan ayat-ayat suci Al-Quran ini tidak lain agar firman Allah dapat diwariskan ke generasi berikutnya, karena para penghafal atau Hafiz banyak yang gugur dalam beberapa pertempuran yang terjadi. Pada perang Yamamah sedikitnya 70 syuhada yang juga penghafal ayat suci Al-Quran telah gugur di medan perang.
Abu Bakar melakukan pengumpulan ayat-ayat suci Al-Quran ini atas usulan Umar Bin Khatab. Dalam pelaksanaan pengumpulan ayat Al-Quran dibentuk panitia yang dipimpin oleh Zaid bin Tsabit.

Akhir Hayat Abu Bakar
Abu Bakar menderita sakit sejak pertempuran Aj Nadaini di negeri Syam sedang berlangsung. Akan tetapi sebelum beliau wafat beliau berwasiat kepada para sahabatnya agar setelah dia wafat nantinya, Umar bin Khatab diminta untuk melanjutkan kehalifahan. Wasiat ini beralasan bahwa dengan menjadi Khalifah, Umar bin Khatab dapat melakukan beberapa langkah untuk mengurangi perpecahan di dalam umat Islam. Abu Bakar meninggal pada tanggal 23 Jumadil Akhir 13 H dalam usia 63 tahun karena sakit. Beliau dimakamkan di samping makam Rasulullah SAW.

 Demikian pengetian biografi semoga bermanfaat !

0 Response to "Pengertian Biografi "

Post a Comment