Kenali, Yuk! Bahan Pembuat Cat

Sangat umum dan banyak diketahui, hampir semua produk barang dan benda yang mengelilingi kita sehari-hari sebagian besar permukaannya dicat. Baik perabot rumah tangga, kendaraan, barang elektronik dan lainnya. Warna cat juga sering menjadi perbedaan sebuah barang bernilai dan tidak. Banyak warna beragam yang indah dan mempesona dari aplikasi cat yang digunakan pada sebuah barang sehingga kita tertarik memilikinya. Kini berkat kemajuan ilmu pengetahuan banyak warna sebuah cat semakin bervariasi. ( baca juga Pembagian Warna  ). Kualitas cat dan warna juga menentukan nilai dari barang itu sendiri. 

Sebenarnya bahan-bahan apa dalam pembuatan cat. Untuk jelasnya kita simak uraian berikut tentang bahan-bahan dasar pembuatan cat. 
Secara umum bahan baku cat di bagi menjadi empat bagian. Yaitu :
- Binder, komponen pokok dalam cat yang berfungsi sebagai perekat yang akan merekatkan lapisan cat pada media, bahan binder juga berperan membangun karakteristik cat atau coating. 
Beberapa jenis binder antara lain, Solid, Oksidasi, Katalis, Panas, dan Tipe emulsion
- Solvent atau biasa kita sebut thiner adalah bahan pelarut yang berfungsi untuk melarutkan bahan utama seperti binder, filler/pigement, dan additive. Selain sebagai pelarut solvent juga berfungsi sebagai mengontrol waktu pengeringan, dan mengatur tingkat kekentalan.  
- Pigment/filler yaitu bahan pengisi yang berfungsi sebagai komponen utama pembentuk lapisan cat serta sebagai bahan pewarna untuk menciptakan tampilan warna lapisan film cat. Kombinasi jenis dan komposisi bahan filler yang baik akan menciptakan sifat daya tutup cat yang baik. 
- Additive bahan tambahan untuk menjadikan cat mudah diaplikasikan dan hasilnya sesuai dengan keinginann. 

Jadi bahan baku cat ada empat, yaitu binder, solvent, pigmen, dan additive. Dari bahan baku tersebut nantinya akan membedakan jenis-jenis cat misal cat besi, cat kayu, cat tembok. 

0 Response to "Kenali, Yuk! Bahan Pembuat Cat"

Post a Comment