Tips Menggiring Bola dalam Sepakbola

Tips Menggiring Bola
Menggiring bola atau dribbling adalah berlari membawa bola dengan mempertahankan bola agar bola tetap dalam penguasaan kita, sehingga sulit direbut oleh lawan. Menggiring bola baik digunakan pada saat suatu tim mendapat pressing ketat dari lawan. Pemain dengan dribbling baik biasanya sangat diandalkan pada suatu tim, contoh pemain dengan dribbling baik seperti Christiano Ronaldo, Lionel Messi, dan lain-lainnya. Dribbling yang baik sangat dibutuhkan untuk membuka ruang dan variasi serangan, tapi dribbling bola juga harus melihat situasi atau kondisi dimana suatu tim belum memerlukan dribbling bola lebih baik mengandalkan kerjasama tim dengan dengan mengandalkan umpan-umpan pendek 1 kali 2 sentuhan atau umpan-umpan panjang atau silang. Pemain dengan dribbling yang baik biasanya cenderung lebih egois dari pada pemain yang biasa-biasa saja, karena pemain dengan dribbling yang baik ingin memperlihatkan kelebihan-kelebihannya, tapi jangan jadikan kelebihan dribbling kita itu menjadi boomerang bagi tim kita sendiri permainanpun menjadi kacau karena terlalu memaksakan dribbling padahal kita tahu bahwa ada teman satu tim dalam kondisi lebih bebas.
            Dalam menggiring bola kita harus memperhatikan cara kita menggiring bola kecepatan, kelincahan, gerakan tipu dan dorongan bola yang pendek atau panjang. Menggiring bola dapat kita lakukan dengan 3 cara yaitu menggiring bola dengan kaki bagian dalam, kura-kura kaki, dan kaki bagian luar. Untuk lebih jelasnya sebagai berikut :
1.      Menggiring bola dengan kaki bagian dalam
Pemain pemula biasanya menggunakan kaki bagian dalam untuk menggiring bola dalam hal perlindungan bola, tehknik tersebut memang bagus karena bola berada pada posisi diantara dua kaki tapi dari segi kecepatan tidak terlalu bagus karena rentan waktu pada saat kita membuka kaki untuk menendang bola agak lama di banding dengan teknik lain. Pada teknik ini bola harus disentuh tegak lurus dengan kaki dan kecepatan bisa bertambah atau berkurang sesuai dengan situasi  yang terpenting,bola dalam penguasaan kita dan usahakan jangan menggiring bola terlalu jauh dari kaki untuk mempermudah kita untuk melakukan manufer seperti gerakan tiba-tiba berbelok arah,berhenti mendadak,gerak tipuan dan lainnya.
2.      Menggiring bola dengan kura-kura kaki
Menggiring bola dengan kura-kura kaki dilakukan biasanya pada saat pemain ingin melakukan menggiring bola dengan cepat dan rapat.
3.      Menggiring bola dengan kaki bagian luar
Teknik menggiring bola seperti ini biasanya dilakukan ketika bola mau di belokan arah tetapi dengan posisi bola di luar kaki dan juga dilakukan pada saat bola mau diberikan ke teman satu tim biasanya arah bola yang diberikan akan melebar dan membelok sesuai arah kaki
          Permainan bola adalah permainan tim,jadi lakukan dribbling pada saat yang diperlukan dan
Jangan lakukan sikap egoisme menguasai kita,permainan tim lebih efektif dari pada dribbling karena
telah memanfaatkan lebar lapangan tanpa menguras tenaga dari suatu pemain.
Dribbling bola pendek atau rapat digunakan pada saat lawan memenuhi ruang gerak doronglah bola dengan memperhatikan jarak bola dengan kaki yaitu dorongan bola pendek sehingga bola dapat kita arahkan dengan lebih mudah selain itu,dengan dribbling bola pendek kita dapat merubah arah dan gerakan tubuh dengan cepat,sehingga lawan tertipu. Pada dribbling bola panjang digunakan pada umpan-umpan daerah biasanya dilakukan untuk mempercepat lari dengan mendorong bola lebih keras sehingga bola jauh-jauh dari kaki,dan pemain dapat melakukan sprint atau lari untuk mempercepat waktu sampai ke gawang lawan.biasanya teknik mendorong bola yang digunakan adalah teknik mendorong bola dengan kura-kura kaki atau mendorong bola menggunakan kaki bagian luar sehingga bola dapat cepat digerakan tanpa perlu terlalu banyak merubah arah gerakan kaki.

Penulis menyadari bahwa kesempurnaan hanya milik Tuhan dan kesalahan banyak pada saya, jadi bila ada kesalahan atau kekurangan penulis minta maaf, jika dari pengunjung ingin menambahkan, mengurangi dan membenarkan silahkan coment. Terima kasih.

0 Response to "Tips Menggiring Bola dalam Sepakbola"

Post a Comment