Tahukah Anda?Pohon Tertua di Dunia

Apa yang anda bayangkan jika mendengar pohon tertua didunia? Pikiran Anda mungkin akan dibawa pada ilustrasi sebuah pohon yang berdiameter besar, dengan tinggi menjulang dan batangnya ditumbuhi akar napas seperti dalam film-film horor. Namun anggapan itu salah jika kita mengetahui pohon tertua di dunia. Pohon ini tidak seperti yang kita bayangkan, namun ia tampak seperti pohon biasa. Justru karena ia berpenampilan fisik kecil pohon ini dapat bertahan hidup ribuan tahun.
old Tjikko pohon tertua di dunia
Old Tjikko Pohon Tertua di Dunia

Seorang professor geografi dari Umea University, Kullman, dengan metode penanggalan karbon-14 berhasil mengidentifikasi pohon sebuah pohon yang ada di Swedia, dan dari penelitiannya usia pohon ini adalah 9.500 tahun. Wowww....itu artinya pohon ini jauh sebelum kalender masehi, yang artinya pohon yang diberi nama Old Tjikko sudah hidup pada zaman es. Pada zaman es disebutkan level air masih 120 meter lebih rendah di banding saat ini.

Dengan ukuran kecil inilah si pohon tertua ini dapat bertahan hidup sampai saat ini. Dapat dikatakan pohon ini menyerupai bonsai.  (intisari-online.com)

0 Response to "Tahukah Anda?Pohon Tertua di Dunia"

Post a Comment