Menjadikan Kicau Pleci Ngeplong

Cara Jitu Menjadikan Kicau Pleci Ngeplong

Bagi penikmat suara kicau burung pasti tidak asing lagi dengan burung yang satu ini, memiliki bulu hijau kekuningan dengan alis putih melingkar mengelilingi mata dan tubuh kecil antara 4-6 cm merupakan burung dengan koloni dengan suara yang bervariasi. Harga dan banyaknya perlombaan yang membolehkan kelas pleci ini membuat burung ini mulai terkenal hingga saat ini termasuk burung yang paling banyak dicari. 

Hal yang banyak orang tau bahwa saat membeli burung bakalan murah tetapi ketika membeli burung jadi mahal. Tak jauh beda dengan burung pleci, maka banyak dari penghobi burung kesana – kemari demi menjadikan burung plecinya dapat ngeplong (istilah buka paruh penuh). Cara ini dicari agar burung yang meeka pelihara dapat dihargai setara atau lebih dari perjuangan membuat burung tersebut ngeplong. Padalah yang saya tau menjadikan burung pleci ngeplong tidak mudah dan butuh perawatan dan kesabaran.

Tidak perlu khawatir , burung pleci tergolong mudah jinak dan dapat beradaptasi dengan lingkungannya dengan cepat. Lakukan langkah di bawah ini agar burung pleci anda dapat cepat ngeplong :

1. Yang pertama harus dilakukan adalah memilih pleci dengan tubuh yang bagus, mulai dari ujung paruh sampai ekor.

2. Burung akan cepat menyesuaikan dengan lingkugan barunya ketika pagi sekitar jam lima sampai jam tujuh di keluarkan dari dalam rumah dan gantangkan kandang pada pepohonan dekat rumah kalau tidak ada cukup di teras rumah.

3. Kemudian keluarkan makanan sisakan cepuk air minum saja. Semprot burung pakai spray hingga burung mandi, ujung spray atur keluarnya air sehalus mungkin.

4. Setelah terlihat bulu – bulunya basah kemudian jemur burung hingga bulu terlihat kering (lihat kondisi cuaca jika mendung jangan dimandikan).



5. Jika terlihat bulunya sudah kering angkat burung masukan cepuk makan dan berikan EX (extra fooding) ulat hongkong atau jangkrik kecil 2 ekor bersamaan dengan buah dan angin – anginkan di pepohonan dekat rumah atau teras. Jangan sampai lupa menambah atau ganti voer pada cepuk makanan dan jurus pamungkasnya adalah memberikan madu yang dicampur air di cepuk tersendiri. Berikan waktu untuk bersantai sejenak selama kurang lebih satu jam kemudian kerodong dan berikan master melalui media elektronik akan lebih efektif.

0 Response to "Menjadikan Kicau Pleci Ngeplong"

Post a Comment