Biografi Rizieq Shihab

Muhammad Rizieq Shihab

Rizieq Shihab merupakan sosok yang menyedot banyak perhatian di lingkup wilayah tempat tinggalnya, yaitu DKI Jakarta, maupaun secara nasional. Ia merupakan pimpinan tertinggi alias ketua organisasi yang bernama Front Pembela Islam, yang familiar di singkat dengan FPI.

Orang mengenal tokoh ini dengan nama Habib Rizieq dan banyak pula yang menyebutkan (menuliskan) Rizieq Shihab. Sebenarnya nama lengkapnya adalah Muhammad Rizieq Shihab. Ia lahir pada tanggal 24 Agustus 1965, di Jakarta, oleh seorang ibu bernama Sidah Alatas dengan Ayah bernama Hussein Shihab bin Muhammad Shihab.

Tokoh kontroversial ini harus menjadi yatim pada usia 11 bulan, karena sang ayah meninggal. Setelah itu, Ibunya harus mencari nafkah untuk menghidupi Rizieq dan saudaranya dengan bekerja sebagai penjahit pakaian dan perias pengantin. Karena Rizieq merupakan keluarga yang kental dengan Islam, Rizieq kecil rajin mengaji walaupun ia tercatat tidak pernah mengenyam pendidikan pondok pesantren.

Menginjak usia sekolah, ia masuk SD Negeri 1 Petamburan, Jakarta ( 1975), kemudian melanjutkan ke SMP 40 Pejompongan, Jakarta. Namun ia tidak sampai lulus di SMP 40 Pejompongan karena ia pindah sekolah ke  SMP Kristen Bethel Petamburan, Jakarta. Kepindahan ini dikarenakan salah satu alasannya adalah jarak sekolah SMP 40 Pejompongan yang terlalu jauh, dan memilih SMP yang lebih dekat dengan tempat tinggalnya, yaitu SMP Kristen Bethel Petamburan.  Sekolah tingkat atas ia tempuh di SMA Negeri 4 Gambir, Jakarta, dan SMA Islamic Village, Tanggerang lulus tahun 1982.

Setelah selesai menempuh pendidikan di tingkat atas yaitu SMA, kemudian ia melanjutkan studi Universitas Raja Saud, Arab Saudi,  program S-1 dengan mengambil jurusan Agama Islam yaitu Fiqih dan Ushul dan rampun pada tahun 1990. Kuliah S--1 ia tempuh dalam waktu 4 tahun dengan predikat cumlaude. Dalam riwayat pendidikannya pula ia menyelesakian studi S-2 di Universitas Antar Bangsa, Malaysia dan juga S-3nya di universitas yang sama.

Karier pekerjaannya ia perna menjadi Kepala Sekolah Madrasah Aliyah Jamiat Khir, Jakarta, menjadi anggota Dewan Syariat BPPRS At-Taqwa Tanggerang. Selain itu ia juga menjabat sebagai Presiden Direktur Markaz Syariah. Dan jabatan yang menjadikannya terkenal adalah sebagai Imam Besar Front Pembela Islam (FPI).

Muhammad Habib Rizieq Shihab memiliki istri yang bernama Syarifah dan dikaruniai beberapa anak.
FPI sendiri merupakan organisasi yang ia deklarasikan pada tanggal 17 Agustus 1998. Front Pembela Islam merupakan organisasi massa Islam yang berpusat di Jakarta. Dalam kendaran FPI inilah Rizieq Shihab sering menyerukan  pemberantasan kemaksiatan yang terjadi di Jakarta pada khususnya. Langkah yang diambil beserta massanya sering kali menimbulkan kegaduhan, seperti aksi penertiban terhadap kegaitan-kegiatan yang berbau maksiat. Rizieq Shihab pun sering berurusan dengan kepolisian atas tindakan dirinya maupun organisasi yang dipimpinnya, yaitu FPI melakukan tindakan yang dianggap melanggar hukum.

0 Response to "Biografi Rizieq Shihab "

Post a Comment