Jenis-Jenis Sumber Pembangkit Listrik

Kita sering mendengar pemberitaan media tentang hiruk pikuk kenaikan harga tarif dasar listrik. Pro dan kontra selau mengiringi kebijakan pemerintah tersebut. Hal ini tentu tanpa alasan. Listrik merupakan salah satu  kebutuhan utama, atau primer bagi masyarakat. Coba bayangkan jika sehari semalam, saluran listrik di tempat tinggal kita padam, pasti aktivitas akan terganggu. Kita tidak bisa melihat siaran televisi, tidak bisa menggeces laptop, ponsel, tidak bisa ngeprin dan masih banyak hal lainya yang terhenti jika listrik padam. Apalagi jika padamnya di malam hari, sangat menyiksa tentunya.

Listik adalah kebutuhan yang penting dan utama, namun banyak orang yang tidak mengetahui dari mana listrik berasal. Secara sederhana listrik dihasilkan dari generator yang diputar. Untuk memutar generator memerlukan  sumber-sumber pemutar. Pemutar generator tersebut dapat bermacam-macam. Tenaga listrik dihasilkan di pusat-pusat pembangkit tenaga listrik. Berdasarkan sumber dan asal tenaga listrik dihasilkan, dapat dikenal pusat-pusat listrik, yaitu :

a. Pusat listrik tenaga thermo
Pusat pembangkit listrik tenaga thermo menggunakan bahan bakar yang berbentuk padat cair, dan gas
Pusat pembangkit listrik tenaga thermo terdiri dari :
Pusat Listrik Tenaga Uap (PLTU)
Pada pusat listrik tenaga uap menggunakan bahan bakar batu bara, minyak, atau gas sebagai sumber energi utama.
Untuk memutar generator pembangkit listrik menggunakan putaran turbin uap. Tenaga untuk menggerakan turbin berupa tenaga uap yang berasal dari ketel uap. Bahan bakar ketelnya berupa batu bara, minyak bakar dan lainnya.
Pusat Listrik Tenaga Gas (PLTG)
Pada pusat listrik tenaga gas, energi primer berasal dari bahan bakar gas atau minyak. Untuk memutar generator pembangit listrik menggunakan tenaga penggerak turbin gasa atau motor gas. Untuk memutar turbin gas atau mtor gas menggunakan tenaga gas. Gas berasal dari dapur tinggi, dapur kokas, dan gas alam.
Pusat Listrik Tenaga Diesel (PLTD)
Pada pusat pembangkit listrik tenaga diesel, energi utama sebagai energi diesel berasal dari bahan bakar minyak atau bahan bakar gas. Untuk memutar generator pembangkit listrik menggunakan tenaga peutar yang berasal dari putaran diesel.
Pusat Listrik Tenaga Gas dan Uap (PLTGU)
Pusat listrik tenaga gas dan uap merupakan kombinasi PLTG dengan PLTU. Gas buang dari PLTG dimanfaatkan untuk menghasilkan uap oleh ketel uap dan menghasilkan uap sebagai penggerak turbin uap. Turbin uap selanjutnya memutar generator listrik
Pusat listrik tenaga Panas Bumi (PLTP)
Pusat Listrik Tenaga Panas Bumi (PLTP) merupakan pusat pembangkit yang tidak memiliki ketel uap karena uap sebagai penggerak turbin uap berasal dari dalam bumi yang disalurkan lewat pipa-pipa.

sumber pembangkit tenaga listrik

b. Pusat listrik tenaga hydro
Pusat listrik yang menggunakan tenaga air atau sering disebut Pusat Tenaga Air (PLTA). Pada pusat listrik tenaga air, energi utamanya berasal dari tenaga air, yang merupakan energei utama.  Tenaga air tersebut menggerakan turbin air dan rubrin air memutar generator listrik. Pusat listrik ini menggunakan tenga air sebagai sumber energi primer. Pusat Listrik Tenaga Air di bagi menjadi dua, yaitu :
Pusat Listrik Tenaga Air dari bukit, memanfaatkan selisih tinggi jatuhnya air yang tinggi
Pusat Listrik Tenaga air daerah datar, memanfaatkan debit air dan tinggi jatuhnya air rendah
Pusat listrik tenaga hydro banyak dipakai di negara-negara yang memiliki tenaga air sebagai sumber tenaga. Tenaga yag tertimbun dalam tenaga air adalah besar dan umunya baru sebagai kecil yang sudah digunakan. Mendirikan pusat listrik tenaga hydro membututuhkan biaya besar, tetapi keuntungannya adalah ongkos operasi tiap kiloWatt rendah dibanding dengan pusat listrik tenaga thermo.

c. Pusat Listrik Tenaa Nuklir (PLTN)
Pada pusat pembangkit ini, tenaga nuklir diubah menjadi tenaga listrik. Pusat Listrik Tenaga Nuklir (PLTN) merupakan PLTU yang menggunakan uranium sebagai bahan bakar dan menjadi sumber energi primer. Uranium mengalami proses fusi di dalam reaktor nuklir yang menghasilakan energi panas. Energi panas yang dihasilkan digunakan untuk menghasilkan uap dalamketeluap. Uap panas yang dihasilkan ketel uap selanjutnya digunakan untuk menggerakan turbin uap dan turbin uap meutar generator listrik.

Pembangkitan tenaga listrik yang banyak dilakukan dengan cara memutar generator sinkron ehingga didapatkan tenaga listrik arus bolakbalik tiga fasa. Tenaga mekanik yang dipakai memutar generator listrik didapat dari mesin penggerak generator listrik atau biasa disebut penggerak mula (primover). Mesin penggerak generator listrik yang banyak digunakan adalah mesin diesel, turbin uap, turbin air, dan turbin gas.

Mesin penggerak generator melakukan konversi tenaga primer menjadi tenaga mekanik penggerak generator. Proses konversi tenaga primer menjadi tenaga mekanik menimbulkan produk sampingan berupa limbah dan kebisingan yang perlu dikendalikan agar tidak menimbulkan masalah lingkungan.


0 Response to "Jenis-Jenis Sumber Pembangkit Listrik"

Post a Comment