Pengertian, Jenis, dan Manfaat Gelombang Dalam Kehidupan Sehari-hari

Pengertian Gelombang

pengertian gelombang

Gelombang adalah gejala rambatan dari suatu getaran. Getaran berasal dari sumber getar. Maka gelombang akan terus terjadi apabila sumber getaran ini bergetar terus menerus. Gelombang membawa energi dari satu tempat ke tampat lainnya. Contoh sederhana terjadinya gelombang adalah apabila kita mengikatkan satu ujung tali ke tiang, dan ujung lainnya kita pegang kemudian kita goyangkan, maka akan terbentuk banyak bukit dan lembah di tali yang digoyangkan tadi. Contoh sederhana inilah yang dimaksud dengan gelombang. Maka secara teori disebutkan bahwa gelombang merupakan gejala rambatan dari suatu getaran.

Jenis-Jenis  Gelombang

Berdasarkan mediumnya gelombang dapat dikategorikan menjadi dua, yaitu gelombang mekanik,  dan gelombang elektromagnetik.

Gelombang Mekanik
Gelombang mekanik adalah gelombang yang dalam proses perambatannya memerlukan medium atau zat perantara. tanpa zat perantara maka tidak akan terjadi gelombang. Contohnya adalah gelombang bunyi. Bunyi merupakan gelombang yang perantaranya adalah udara. Tanpa ada udara makan bunyi tersebut tidak dapat didengar. 

Gelombang Elektromagnetik
Gelombang Elektromagnetik adalah gelombang yang dalam proses perambatannya tidak memerlukan medium, atau zat perantara. Dapat kita sebut bahwa gelombang elektromagentik merupakan kebalikan dari gelombang mekanik. Gelombang elektromagnetik dapat merambat dalam keadaan hampa udara. Contoh gelombang elektromagnetik adalah gelombang cahaya. Cahaya akan dapat menembus atau merambat walaupun melewati ruang hampa udara.

Gelombang juga dapat dibagi menjadi dua berdasarkan Arah getar dan arah rambatnya, yaitu gelombang Transversal dan gelombang Longitudinal

Gelombang Transversal
Gelombag transversal adalah gelombang yang arah getarnya tegak lurus dengan arah rambatnya. Bentuk getarannya berupa lembah dan bukit.
Perhatikan gambar !

gelombang transversal

Berdasarkan gambar di atas dapat dijelaskan bahwa : Arah rambat gelombang di atas adalah ke kiri dan ke kanan, sedangkan arah getarnya adalah ke atas dan ke bawah. Gambaran itulah yang dimaksud arah rambat tegak lurus dengan arah getarnya. Contoh Transversal adalah gelombang pada tali seperti contoh di atas.

Gelombang Longitudinal
gelombang longitudinal adalah gelombang yang arah rambatnya sejajar dengan arah getarnya. Bentuk getarannya berupa rapatan dan renggangan
gelombang longitudinal
gelombang longitudinal

Berdasarkan gambar kita ketahui bahwa :
arah rambat gelombang ke kiri dan kekanan, dan arah getarnya ke kiri dan ke kanan pula. Contoh gelombang yang arah rambatannya sejajar dengan arah getarnya adalah gelombang bunyi. Gelombang bunyi yang merambat di udara akan terbentuk rapatan dan renggangan pada molekul-molekulnya, dan saat ada rambatan molekul-molekul ini juga bergetar. Akan tetapi getarnnya hanya sebatas gerak maju mundur dan tetap di titik keseimbangan, sehingga tidak membentuk bukit dan lembah.

Berdasarkan Simpangan Terjauh (Amplitudonya) gelombang juga di bagi menjadi dua, yaitu gelombang berjalan dan gelomban diam.

Gelombang berjalan merupakan gelombang yang amplitudonya tetap pada setiap titik yang dilalui gelombang, misalnya gelombang pada tali.
Selanjutnya gelombang diam adalah gelombang yang amplitudonya berubah, misalnya gelombang pada senar gitar yang dipetik.

Sifat-sifat gelombang
# Dapat dipantulkan (refleksi)
beberapa prinsip pemantulan gelombang yaitu :

sifat-sifat gelombang

- besar sudut datangnya gelombang sama dengan sudut pantul gelombang.
- gelombang datang, gelombang pantul dan garis normal terletak pada satu bidang datar.

# Dibiaskan (refraksi)
Pembiasan gelombang adalah pembelokan arah rambat gelombang karena melalui medium yang berbeda kerapatannya.

# Dipadukan (interferensi)
Perpaduan gelombang terjadi apabila terdapat gelombang dengan frekuensi dan beda fase saling bertemu. Hasil interferensi gelombang ada dua yaitu konstruktif (saling menguatkan) dan destruktif (saling melemahkan). Interferensi konstruktif terjadi saat dua gelombang bertemu pada fase yang sama, sedangkan interferensi destruktif terjadi saat dua gelombang bertemu pada fase berlawanan.

# Dibelokan ( Difraksi)
Difraksi gelombang adlah pembelokan atau penyebaran gelombang jika gelombang tersebut melalui celah. Gejala difraksi akan lebih jelas apabila celah yang dilewati semakin empit.

# Dispersi Gelombang
Dispersi gelombang adalah penyebaran bentuk gelombang ketika merambat melalui suatu medium. Dispersi tidak akan terjadi pada gelombang bunyi yang merambat melalui udara atau ruang hampa. Medium yang dapat mempertahankan bentuk gelombang tersebut disebut medium nondispersi.

# Dispolarisasi (diserap arah getarannya)
Polarisasi adlah peristiwa terserapnya sebagian arah getar gelombang sehingga hanya tinggal memiliki satu arah saja. Polarisasi hanya  akan terjadi pada gelombang sesuai dengan arah polarisasi, dan sebaliknya akan terserap jika arah gelombang tidak sesuai dengan arah polarisasi celah tersebut.
Banyak sekali pemanfaatan gelombang dalam kehidupan sehari-hari. Misalnya kamu dapat menonton berbagai acara televisi yang ditransmisikan dengan gelombang elektromagnetik. Tanpa pengetahuan tentang gelombang, manusia tidak mungkin mampu membuat alat yang dapat memancarkan dan menerima siaran televisi.

Gelombang juga dapat dimanfaatkan dalam memasak makanan atau yang kita kenal dengan microwave. Dalam bidang kesehatan gelombang dapat dimanfaatkan untuk memeriksa ada tidaknya penyakit di dalam tubuh, dan juga pemeriksan janis atau bayi yang masih dalam kandungan ibunya. Manusia juga dapat meramalkan cuaca dengan menggunakan satelit untuk mengumpulkan informasi dari atmosfer Bumi juga menggunakan teknologi gelombang. Selian itu berikut adalah penggunaan gelombang dalam kehidupan sehari-hari disertau uaraian singkat , yaitu

Satelit Buatan 
Satelit buatan adalah seperangkat alat elektronik yang diorbitkan pada orbit tertentu di luar angkasa. Satelit buatan ini mengorbit mengelilingi bumi seperti halnya satelit alami bumi yaitu bulan. Satelit digunakan manusia khususnya dalam bidang telekomunikasi dan meteorologi. Dalam bidang telekomunikasi yaitu digunakan untuk menerima dan menyebarkan gelombang televisi dari suatu tempat di bumi kemudian menyebarkannya ke bagian bumi lain sehingga informasi dapat disampaikan saat itu juga. Misalkan, kamu melihat tayangan sepak bola liga Italia secara langsung. Rekaman pertandingan tersebut diubah menjadi gelombang elektromagnetik dan dipancarkan. Gelombang ini diterima oleh satelit dan disebarkan kembali ke bumi sehingga belahan bumi lain dapat menerima gelombang ini. Di belahan bumi tersebut gelombang elektromagnetik ini diubah kembali menjadi bentuk gambar dan suara.

Proses penjalaran gelombang dari bumi ke satelit yaitu sebagai berikut. Sebuah pemancar radio memancarkan gelombang dalam segala arah. Gelombang radio menjalar ke atas dan dipantulkan oleh ionosfer kembali ke bumi karena gelombang-gelombang ini dapat diterima dari seluruh horizon. Beberapa gelombang dapat mengenai tanah dan dipantulkan kembali. Gelombang mikro tidak dipantulkan oleh ionosfer melainkan diteruskan ke satelit. Gelombang yang diterima oleh satelit ini digunakan untuk mentransmisikan informasi ke stasiun-stasiun penerima di bumi.

Sel Surya 
Sel surya digunakan manusia untuk menampung gelombang sinar Matahari sehingga manusia memperoleh bentuk energi baru. Kamu pasti telah mengetahui bahwa sinar Matahari juga merupakan gelombang. Sinar Matahari ini dapat digunakan sebagai sumber energi baru, misalnya pembangkit listrik, digunakan untuk mobil bertenaga surya, bahkan digunakan sebagai sumber energi pesawat bertenaga surya.
Para ahli telah banyak yang meneliti pemanfaatan energi Matahari ini. Bahkan telah dibuat mobil-mobil tenaga surya yang menggunakan energi Matahari untuk menggerakkannya.

Eksplorasi Minyak dan Gas Bumi 
Mungkin kamu bertanya-tanya bagaimana orang dapat menemukan sumber minyak bumi di dalam perut bumi, padahal kulit bumi (mantel) sangat tebal dan terdiri atas batuan yang sangat padat. Satu lagi konsep gelombang dimanfaatkan manusia. Pada pembahasan sebelumnya kamu telah mengetahui bahwa gelombang mekanik menjalar membutuhkan medium dan gelombang dapat dipantulkan.
Para ahli geofisika melakukan penelitian terhadap perut bumi dengan memberikan gelombang mekanik pada bumi. Gelombang tersebut akan dijalarkan oleh bumi ke segala arah. Jika gelombang tersebut mengenai batuan yang mempunyai sifat elastisitas berbeda, gelombang tersebut sebagian akan dipantulkan dan sebagian akan diteruskan.

Gelombang yang dipantulkan ke permukaan bumi ini diterima oleh receiver dan waktu penjalaran gelombang ini dicatat. Dari serangkaian data waktu pemantulan, para ahli geofisika dapat memperkirakan jenis batuan yang dilalui gelombang dan memperkirakan adanya sumber minyak bumi, gas, atau mineral.

Jika kamu melanjutkan studi di perguruan tinggi jurusan Geofisika, kamu akan mempelajari teknik ini secara lebih mendalam dan kamu akan merasa kagum bagaimana Sains menjadi ujung tombak dalam sebuah eksplorasi minyak bumi, mineral, atau gas.

Sonar 
Sebagian wilayah negara Indonesia adalah laut. Tidak heran jika Indonesia kaya akan ikan. Selain di pantai, ikan ditangkap para nelayan di perairan yang jauh dari pantai menggunakan kapal. Tidak setiap daerah di laut dihuni oleh ikan. Ada beberapa bagian laut yang banyak ikannya dan ada bagian laut yang sedikit ikannya. Bagaimana caranya supaya penangkapan ikan di laut menjadi efektif?
Kapal-kapal laut biasanya menggunakan sonar untuk menemukan daerah di laut yang banyak ikannya. Prinsip kerja sonar ini berdasarkan pada konsep pemantulan gelombang. Dari permukaan, gelombang bunyi dijalarkan ke dalam laut. Gelombang suara ini menyebar ke kedalaman laut. Jika sebelum tiba di dasar laut, gelombang suara ini mengenai gerombolan ikan, gelombang suara ini sebagian akan dipantulkan kembali ke permukaan. Gelombang pantul ini akan diterima oleh alat dan langsung digambarkan dalam monitor. Nelayan dapat melihat gerombolan ikan di bawah kapal mereka. Dengan demikian, nelayan dapat menurunkan jaringnya untuk menangkap ikan-ikan tersebut. Penggunaan sonar ini akan lebih menguntungkan dan membuat suatu pelayaran akan lebih efektif.

Demikian uraian tentang pengertian, jenis dan manfaat gelombang dalam kehidupan sehari hari. 

0 Response to "Pengertian, Jenis, dan Manfaat Gelombang Dalam Kehidupan Sehari-hari"

Post a Comment