Cara Membentuk Cabang Bonsai

Cara-Cara Sederhana Membentuk Cabang Bonsai

Agar bonsai bernilai tinggi, cabangnya harus diatur sesuai dengan beberapa kriteria. Berikut ini beberapa kriteria dan cara membentuk cabang bonsai.

Cabang memegang peranan penting dalam membentuk kesimbangan bentuk bonsai. Seperti halnya pada akar dan batang, cabang bonsai yang ideal  juga harus memenuhi beberapa kriteria, yang antara lain sebagai berikut. 

Bentuk Daun dan Ukurannya

Cabang Bonsai, harus besar dipangkal dan makin kecil diujungnya. Bentuknya harus sesuai dengan bentuk asli pada pohon di alam. Cabang bonsai yang bentuknya dari pangkal ke jung besarnya hampir sama, nialainya rendah dan menandakan proses pembentukannya tergesa-gesa. 

Agar cabang bentuknya sesuai dengan kriteria diatas maka perlu langkah yaitu pemangkasan bentuk. Caranya, dengan memangkas cabang yang akan dibentuk itu sedikit diatas atau didepan ranting. Kemudian salah satu ranting yang terdekat dengan letak potongannya, dililit dengan kawat tembaga dan arahnya diatur agar ranting tersebut seolah-olah merupakan bagian ujung cabang. Ranting itu lalu dipelihara samapai besarnya sedikit lebih kecil dari besarnya cabang, sehingga tampak seperti ujung cabang. 

Untuk mencapai bentuk cabang yang ideal dan ukurannya pas, pemangkasan bentuk dari sebuah cabang bonsai biasanya mesti dilakukan beberapa kali, sampai mencapai bentuk yang ideal yang kita inginkan.

Ukuran cabang di bagian bawah harus lebih besar dari cabang yang di atasnya. Besarnya pangkal cabang, idealnya memiliki sepertiga diameter batang ditempat cabang itu tumbuh. 

Membentuk Arah Cabang Bonsai

Arah pertumbuhan cabang harus diatur mendatar atau agak merunduk, meniru arah cabang dari pohon tua yang tumbuh dialam. Untuk membuat pertumbuhan cabang ini sesuai dengan keinginan kita dapat dilakukan dengan cara melilitkan kawat tembaga atau jenis lain dan memaksanya kearah tertentu sedemikian rupa agar bentuknya ideal dan serasi. Cabang yang sudah kaku dan tidak dapat diarahkan dengan melilitkan kawat, bisa dipaksa dengan cara mengaitkan kawat pada ujung cabang tersebut kemudian menariknya ke bawah dan kawat bagian ujung bawahnya diikatkan pada pot atau benda lain. 

Membentuk Ranting Bonsai

Seperti halnya cabang, bentuk ranting juga harus besar di pangkal dan mengecil ke arah ujung. Untuk itu ranting juga perlu dipangkas seperti halnya cabang tanaman yang akan dibonsai. Sebuah cabang bonsai dapat dikatakan telah mempunyai ranting yang lengkap apabila batangan rantingnya yang terlebar berukuran tepat setengah dari batang cabangnya. 

Demikian beberapa langkah sederhana cara membentuk cabang bonsai

0 Response to "Cara Membentuk Cabang Bonsai"

Post a Comment