Inilah Keuntungan Pemupukan Lewat Daun

Memupuk lewat daun sama artinya dengan memberikan makanan yang sudah siap dikonsumsi bagi tanaman. Apa keuntungan lainnya?Memupuk lewat daun, bagi sebgaian petani dan penghobi tanaman sudah merupakan hal baru. Yang dimaksud memupuk lewat daun adalah menyeprotkan larutan pupuk (dengan sprayer) ke daun-daun tanaman. Larutan itu nantinya akan masuk ke dalam jaringan tanaman melalui stomata (mulut daun) di permukaan daun sisi bawah. 
Keuntungan pemupukan lewat daun

Pelarutan pupuk ke dalam air menyebabkan teruai menjadi ion ion sederhana yang bisa lebih mudah diserap oleh daun. Karena itulah, efek pemupukan lewa daun bisa dengan cepat trlihat, lebih cepat dibandingkan kalau pupuk diberikan lewat akar.
Pada kondisi tertentu, pemupukan lewat daun lebih menguntungkan jika dibandingkan dengan pemuukan lewat akar. 

1. Pada tanah yang kering
tanaman di lahan kring kurang bisa mennjkan reaksi kalau diberi pupuk lewat akar, kcuali kalau sehabis diupuk ia disiram. Tapi kerbutuhan air penyiraman  di lahan kering tentu akan banyak, apalagi pada musim kemarau dan jumlah tanamannya banyak. Ini bukan saja meropotkan tapi juga memakan waktu yang tidak sedikit. 

Pupuk yang diberikan lewat tanah kering tidak mudah terurai menjadi ion yang mudah diserap akar karena dalam tanah itu tidak tersedia cukup air. Selain melarutkan air pupuk, air juga berperan penting dalam melancarkan jalannya penyerapan hara. Soalnya hara akan diserap akar bersama-sama dengan air.
Mempuk tanaman pada musim kering akan lebih efisien kalau upuknya diberikan lewt daun. Alasannya, sperti yang sduah disebut didean, puuk yang diberikan lewat daun sudah dalam keadaan siap konsumsi hingga bisa langsung diserap oleh daun.

2. Pada pH tanah rendah
Pada pemupukan lewat akar, tanah harus mempunyai sejumlah kapur (ion Ca + + ) yang cukup untuk menyelenggarakan proses penguraian pupuk menjadi ion. Cukup tidaknya kadar Ca ini bisa dicek pada H tanah, yaitu dengan melakukan pengukuran pH sebelum malakukan pemupukan. Kalau pH-nya berada di bawah angka 6, tanah perlu kita kapur terlebih dahulu sampai pH-nya naik menjadi 6-7. Pada pH bawah 6, sebagain besar unsur hara akan diikat oleh tanah dan tidak diurai oeleh Ca, hingga sulit diserap oleh akar tanaman. Begitu juga hara yang brasal dari dari pupuk. Hal itu tidak akan terjadi kalau pupuknya diberikan lewat daun. Penyerapan hara melalui daun tidak dipengaruhi oleh pH tanah.

3. Tanah Berpasir 
Pada Pupuk yang diberikan di tanah berpasir akan hilang sia-sia, jika melalui proses pencucian, terlebih kalau memupuknya dilakukan pada musim hujan. Pencucuian adalah terbawanya hara oleh air ke lapisan tanah dalam hingga tidak mungkin lagi dijangkau oleh akar tanaman. dalam kondisi tanah yang berbasir, pupuk akan lebih efisien kalau diberikan lewat daun. Pemuukan lewat daun sebaiknya enggunkan jenis pupuk daun , bukan pupuk akar seperti urea, TSP dan KCI. Berbagai merek pupuk daun bisa dengan mudah didapatkan di toko-toko pertanian. 

Demikian tentang keuntungan pemupukan lewat daun.

0 Response to "Inilah Keuntungan Pemupukan Lewat Daun"

Post a Comment