Manggis Cepat Berbuah dengan Sambung Pucuk

Pohon manggis asal biji baru berbuah pada umur 15-20 tahun. Saat itu batangnya sudah tinggi sekali hingga kita akan repot memetik buahnya. Bagaimana mengusahakan agar manggis itu lebih cepat berbuah,ketika pohonnya masih pendek.


Hal yang menarik dari tanaman manggis ialah,kepala sari bunghanya rudimenter (tumbuh terbelakang, tetapi kecil dan akhrnya mengering), sehingga ia tidak bisa menyerbuki bunga betina. Namun anehnya,manggis dapat membentuk buah dan biji juga, tanpa penyerbukan. Inilah yang menyebabkan pohonmanggis asal biji tetap mempunyai buah dan keturunan yang sifatnya persis sama dengan pohon induknya.Namun disayangkan , buah pohon manggis baru dapat dipetik setelah pohonnya berumur 15-20 tahun.

Apakah pohon manggis dapat dierpendek umur menghasilkan buahnya? Jawabnya Bisa! Kini,kita sudah bisa membuat pohon manggis berbuah pada umur 5-7 tahun. Bagaimana caranya.
Perkembangbiakan dengan cara vegetatif, menggunakan bibit sambung. Bibit sambung ini diperoleh dengan cara sambung pucuk. Pada usia 5-7 tahun ini, pohon manggis jelas masih pendek. Sebab, akar manggis memang jarang, sehingga tumbuhnya pun lambat. Berbeda dengan buah lain seperti durian atau mangga, yang susunan akarnya banyak dan lebat, sehingga asupan mineralnya banyak. Pertumbuhannya lebih pesat. Pergantian daun baru dapat dua kali lipat dari pohon manggis selama setahun.

Pada usia 5-7 tahun, meskipun manggis masih rendah batangnya ia sudah berbuah karena bibitnya berasal dari perkembangan vegetatif. Batang atas bibit ini berasal dari pohon induk dewasa hingga langsung dapat berbuah. Hal ini juga terjadi pada bibit vegetatif tanaman buah lain.

Kalau anda ingin mempunyai pohon manggis pendek, sebaiknya membeli bibit sambungan susuan. Perawatan tanaman yang perlu diperhatikan antara lain Pada waktu penanaman, bibit muda perlu diberi naungan(dapat berupa atap) sebab daun tanaman muda mudah terbakar oleh sengatan matahari.
Pada masa pertumbuhan, sejak bibit ditanam hingga menjelang berbuah pun, manggis muda sebaiknya tetap berada dalam naungan. Atau jika hendak langsung ditanam di kebun, usahakan bibit muda pohon manggis ini berada di tempat yang teduh (Dibawah rindang pohonan lainnya).


Bagaimana Anda tertarik menanam pohon manggis dengan teknik perkembangan sambung pucuk? Jika ia semoga pohon manggis Anda cepat berbuah. Sampai Jumpa...

0 Response to "Manggis Cepat Berbuah dengan Sambung Pucuk"

Post a Comment