Menanam Mangga dalam Pot

Menanam Pohon Mangga dalam Pot

Ada keuntungan menanam mangga dalam pot. Kita tidak hanya bisa memetik buahnya dengan mudah, tetapi juga bisa menikmati keunikan pohon tersebut yang ditanam dalam pot.

Dengan tren permukiman yang terus berkembang, maka konsekwensinya lahan pekaranagan semakin sempit. Kita dapat melihat komplek perumahan yang tidak hanya berada dikota besar. Kota kecamatan pun mulai dibangun perumhan. Lahan pekarangan sebagai media hijau pun bagi kebanyakan pemilik rumah dihilangkan. Tidak ada area hijau di lingkungan rumah tidak juga menjadi alasan bagi kita untuk tidak menanam berbagai tanaman. Dengan media pot, kita semua dapat menanam berbagai tanaman, baik tanaman hias, maupun tanaman yang berbuah. 

Pohon mangga pun dapat kita tanam didalam pot. Meskipun ditanam dalam pot, hasil buahnya dapat memuaskan asalkan cara menanamnya benar. 
Bagaimana cara menaman pohon mangga di dalam pot. Di bawah ini uraian tentang cara menanam pohon mangga di dalam pot. 

Bahan dan Peralatan
Sarana yang perlu disiapkan antara lain;
a. Pot besar, bisa gunakan drum bekas) ukuran 50cm x 60 cm garis tengahnya, dan 60-100 cm tingginya. 
b. Batu-batuan untuk ditaruh di dasar pot, gunanya sebgai sarana penahan tanah pot supaya tanah pot tidak gampang dihanyutkan air siraman yang melewati lubang pada dasar pot. 
c. Batu bata sebanyak empat buah sebagai pengganjal supaya pot tidak mudah karatan dan juga supaya akar tanaman tidak mudah menembus ke dalam tanah. 
d. Medai tanam khusus untuk bertanam pohon mangga di dalam pot. 

Pot dari drum dicat dulu
Pot jika dari drum bekas sebaiknya dilapisi cat terlebih dahulu. Bagian dasar pot serta dinding dalamnya dict dengan aspal cair atau tir atau juga bisa dengan cat besi namun harga lebih mahal dibanding dengan aspal cair. Pengecetan dapat dilakukan beberapa lapisan, semakin banyak lapisan tentu semakin kuat.  Pengecetan tersebut dimaksudkan supaya pot bisa tahan lama digunakan karena tidak gampang karatan. Disamping itu melubangai dasar pot dan dinding pot bagian bawah. Lubang pada dinding pot kira-kira tingginya 10 cm di dasar pot. Lubang-lubang tersebut berfungi sebagai drainase air siraman dan air hujan. 
Menyiapkan media tanam
Media tanam pada pot untuk menanam pohon mangga berupa campuran, pupuk kandang, tanah kering dan pasir dengan perbandingan 2 : 2 : 1. Disamping itu perlu dilakukan penambahan pupuk superfosfat atau ES kurang lebih 18 % sebanyak 500 gram, atau bisa diganti dengan pupuk trisuperfosfat atau TS sebanyak 48 % dengan takaran 200 gram. 

Mengisi Pot
Pot Tanaman sebelum diisi sebagiknya diletakan dulu ditempat yang permanen, yang mendapat sinar matahari penuh. Pot yang tidak diletakan disini diberi ganjal batu bata tingginya kira-kira 10 cm dari tanah. Selesai ini barulah dilakukan pengisisan. Cara pengisian pot sebagai berikut :

  • Batu batuan dimasukan dulu hingga mencapai ketinggian sekitar 10 cm (sedikit diatas lubang pada dinding pot drum)
  • " Media tanam " dimasukan sampai kira-kira 5 cm tingginya di bawah permukaan bibir pot.
  • Dinding pot di goyang-goyang supaya media tanam itu memadat, atau bisa juga dengan penyiraman tetapi jangan ditekan-tekan. 

Menanam Bibit Mangga
Jenis bibit yang ditanam tergantung dari selera, tetapi kalau ingin mangga yang cepat berbuah bisa memilih jenis bangkok atau mangga tunjung pinang. Mangga-mangga itu, umur antara dua sampai empat tahun sudah berbuah. Lalu bagaimana cara menanamnya?
a. Tiga hari setelah pengisian pot (media tanamnya memadat, kita buat lubang seukurang kantung plastik
b. kantung plastik bibit dibuang, kemudian bibit berikut tananhnya dimasukan ke dalam lubang yang kita buat tadi
c. setelah ditanam, supaya bibit yang baru ditanam tidak gampang digoyang angin atau hujan, kita tancapkan tongkat penyangga dekat tanaman (perlu diperhatikan dalam menancap tongkat tidak boleh mengenai akar pohon)
d. Selesai itu tanaman disiram dan kalu diperlukan buatlah naungan di atas tanaman muda itu untuk sementara waktu ( 2-4 minggu lamanya), supaya hujan, dan panasnya sinar matahari.
e. penanaman bibit itu sebaiknya dilakukan pada sore hari. 

Demikian langkah-langkah menanam pohon mangga di dalam pot. 

0 Response to "Menanam Mangga dalam Pot "

Post a Comment