Agar Bugenvil Agar Berbunga

Merangsang Bugenvil Agar Berbunga


Bugenvil dalam pot sungguh menarik. Hanya kadang-kadang tanaman ini mogok tidak mau berbunga. Jangan dulu anda membuang tanaman bugenvil karena dianggap sudah tidak berbunga. Berikut resep yang perlu dicoba dalam menggembalikan bugenvil berbunga.

Perlu masa kering

Bugenvil menghendaki sinar matahari penuh, paling tidak 70 persen. Namun yang lebih penting untuk merangsang bunganya adalah adanya masa kering. Sebab dalam keadaan kering tanaman akan dirangsang pertumbuhan generatif-nya, yaitu pembentukan bunga dan biji. sehingga jika kalau mati sudah ada calon keturunan dari bijinya yang meneruskan jenisnya.
Jika pembentukan bunga yang kita inginkan jatuh pada musim hujan, maka untuk membuat masa kering tanamannya harus kita letakan di rumah kaca atau tempat lain yang tidak terkena guyuran air hujan namun, sinar matahari masih dapat menyinarinya.

Perlakuan masa kering ini paling sedikit berlangsung selama empat hari. Selama itu bugenvil dalam pot tidak boleh disiram, sampai daunnya menguning dan rontok. Baru setelah itu penyiraman dapat dilakukan, namun dalam peyiraman tidak sebanyak dalam penyiraman normal. Penyiraman minim ini dilakukan sampai tanaman memunculkan kuncup bunga. Jika sebelum itu sudah dilakukan penyiraman normal, tanaman justru akan mengadakan pertumbuhan vegetatif, sehingga kuncup daun yang dibentuknya, bukan kuncup bunga. Namun ada syarat yang harus diingat . perlakuan masa kering ini hanya boleh dilakukan jika tanaman sudah mempunyai akar yang kuat. Unsur hara yang paling dibutuhkan untuk merangsang pembungaan bugenvil aalah P dan Mg.



Demikian seputar informasi cara merangsang bugenvil agar cepat berbunga.

0 Response to "Agar Bugenvil Agar Berbunga"

Post a Comment