Merangsang Anggrek Bulan Berbunga

Cara Merangsang Anggrek Bulan Berbunga

Anggrek bulan adalah jenis anggrek yang bersifat berbunga musiman. Namun jika kita menginginkan, Anggrek bulan dapat berbunga di luar musim berbunga. Bagaimana? Berikut caranya
Lokasi ideal untuk menanam anggrek bulan adalah tempat yang teduh dengan insentisitas penyinaran matahari 20-40 persen. Sedangkan kelembaban yang diinginkan sekitar 70 persen.
Jika tumbuhnya ideal, dipasikan anggrek bulan akan rajin berbunga. Musim bunga anggrek bulan biasanya terjadi saat posisi matahari berada di tengah katulistiwa. Namun jika kita mau bunga anggrek bulan ini dapat kita rangsang agar muncul diluar musimnya.

Untuk merangsang bung anggrek ini langkah pertamanya adalah menambah insentisitas sinar matahari. Caranya dengan meletakan ditempat yang terkena sinar matahari langsung sampai jam sepuluh pagi. Namun jangan sampai meletakan anggrek bulan ini langsung di bawah sinar matahari setelah jam sepuluh. Hal ini dapat mengakibatkan daun anggrek terbakar. Lakukan hal tersebut selama satu bulan, dan sesudahnya akan tampak kuncup bunga. Dari mulai tampak kuncup sampai bunga benar-benar mekar waktu yang dibutuhkan tidak kurang dari dua bulan. Penyinaran penuh selama satu bulan tersebut dibarengi dengan pemberian pupuk yang lebih banyak. Sebab dengan penyinaran yang lebih banyak, kebutuhan unsur hara juga meningkat, sebagai akibat laju fotosintsis yang yang dilakukan anggrk bulan. Pemupukan ini tentu harus lebih sering dilakukan dibandingakan dengan saat anggrek dalam pertumbuhan yang normal. Misalkan sebelum diperlakukan pemberian pupuk dua minggu sekali, maka saat perlakuan bisa satu minggu sekali. Namun karena daun anggrek bulan ini sangat peka terhadap lautan pupuk, maka konsentrasinya sebaiknya diturunkan sampai separohnya.

Pemupukan dengan organik hasilnya lebih baik dibandingkan dengan pemupukan dengan bahan anorganik. Pupuk organik dapat merangsang mycorrhiza, sejenis cendawan yang bersimbiose dengan akar anggrek bulan dalam penyerapan unsur hara. Jika akan membuat pupuk organik sendiri, kita duapat melakukan langkah-langkah; siapkan drum bekas atau peralatan sejenisnya, isi drum tersebut dengan air kira-kira tiga per empatnya. Kemudian ditambah dengan kotoran hewan sejumlah seperempatnya. Kotoran hewan tersebut sebaiknya perpaduan dari kotoran kuda atau sapi, kelinci dan kambing. Setelah semua bahan dimasukan dalam drum, maka selanjutnya adauk tiap pagi selama satu minggu. Setelah itu biarkan kotoran mengendap, kemudian buang sisa airya. Jika akan dipergunakan untuk memupuk, ambil bagian pupuk tersebut kemudian tambahkan tujuh bagian air. Jika sudah tambahkan pupuk NPK sediki, jika sudah maka dapat dipergunakan untuk menyemprotkan anggrek bulan.

Demikian langkah-langkah agar bunga anggrek bulan dapat berbunga diluar musim.

0 Response to "Merangsang Anggrek Bulan Berbunga"

Post a Comment